MATA INDONESIA, JAKARTA – Munculnya klaster baru terkait virus Covid-19 di area perkantoran memang mengharuskan karyawan kembali Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Hal tersebut guna menahan penyebaran virus corona agar tak semakin luas.

Akan tetapi, tahukah kamu dengan melaksanakan work from home atau kerja dari rumah ini kamu bisa sekalian ikut andil dalam menjaga kesinambungan kegiatan konservasi alam loh!

Nah, ada baiknya, saat WFH ini kamu bisa lebih memanfaatkan sumber daya alam. Gimana sih caranya? Yuk simak.

  1. Buka Jendela untuk Sirkulasi Udara

Membuka jendela terutama di pagi hari sangat baik untuk sirkulasi udara di ruanganmu. Selain itu, dengan sirkulasi udara yang baik, kamu jadi tak perlu menyalakan pendingin ruangan seperti AC. Diketahui, untuk AC rumahan saja, bisa memakan daya hingga 600 watt. Jika digunakan secara non stop, ini bisa menyebabkan lapisan ozon yang ada dibumi kita menjadi berlubang.

2. Matikan Lampu di Siang Hari

Matikanlah lampu-lampu di ruangan rumahmu saat siang hari guna meminimalisir penggunaan listrik yang bisa merusak alam. Coba untuk menggunakan pencahayaan dari matahari saat kamu work from home ya.

3. Matikan Barang Elektronik yang Tidak Perlu

Saat kamu fokus dengan pekerjaanmu, ada baiknya kamu mematikan barang-barang elektronik yang tidak perlu, contohnya televisi. Televisi biasanya memakan daya hingga 100 watt. Nah, jadi lumayan kan selama wfh ini tv mu jadi bisa istirahat.

4. Meletakan Tanaman disudut Ruangan

Sama halnya dengan membuka jendela, meletakan tanaman di dalam ruangan bisa meminimalisir penggunaan AC di rumahmu. Aktivitas ini nyatanya bisa membuat udara jadi lebih segar. Penelitian mengungkapkan menaruh tanaman di dalam ruangan bisa membantu menghilangkan racun dan polutan di udara.

5. Menggunakan Air Seperlunya

Terakhir, hal yang bisa kamu lakukan saat WFH untuk membantu konservasi alam ialah menghemat air. Mengapa tidak? Saat tidak berpergian ke kantor maka akan mengurangi keinginanmu untuk mandi. Dengan demikian kamu jadi bisa hemat air. Jadi, gunakanlah air di rumahmu seperlunya ya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here