(Foto: World Animal Protections)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Petaurus breviceps atau yang lebih dikenal dengan nama sugar glider merupakan salah satu hewan yang unik. Selain ukurannya yang mungil karena dapat dimasukkan ke dalam saku, hewan nokturnal ini juga kerap mengeluarkan suara yang berbeda-beda.

Bunyi suara yang dikeluarkan sugar glider sebenarnya sangat normal karena sama seperti makhluk hidup lainnya, sugar glider pun akan mengeluarkan suara untuk berkomunikasi. Namun, bagi sebagian orang yang baru memelihara sugar glider mungkin akan terkejut dan merasa kebingungan dengan bunyi suara sugar glider yang berbeda-beda.

Yup, sugar glider bisa mengeluarkan beberapa macam suara, dan setiap suara yang dikeluarkan memiliki arti tersendiri. Jika Anda bisa memperhatikannya dengan jelas, maka Anda dapat mengetahui alasan sugar glider mengeluarkan suara-suara tersebut. Berikut beberapa jenis suara sugar glider, yang telah Mata Indonesia rangkum.

  1. Crabbing

Biasanya sugar glider akan mengeluarkan bunyi suara ini ketika merasakan ketakutan dan terancam. Disebut crabbing karena bunyi suaranya yang terdengar seperti crab..crab..crab terus-menerus, dengan posisi seperti ingin menerkam dan mencakar.

Suara ini akan sering terdengar ketika sugar glider baru dipelihara, hal ini sangat normal karena sugar glider belum bisa beradaptasi dengan pemiliknya. Jika sudah jinak dan merasa aman, bunyi suara carbbing ini tidak akan terdengar lagi.

  1. Barking

Barking adalah suara sugar glider yang umumnya sering terdengar pada malam hari, bunyi suaranya seperti gonggongan anak anjing. Sebagai hewan nokturnal yang aktif di malam hari sugar glider akan mengeluarkan suara ini ketika merasa bosan dan lapar.

Ada baiknya Anda sebagai pemilik meluangkan waktu sebentar untuk bermain dengannya dan memberinya makan. Tak hanya itu, suara barking ini juga sering dihubungkan dengan hal-hal yang bersifat supernatural.

  1. Chattering

Suara Chattering ini dikeluarkan terus-menerus dari mulut sugar glider ketika mereka sedang merasa senang, dan menerima kasih sayang. Bunyi suaranya akan terdengar seperti kicauan tupai yang sangat cepat dan singkat, dengan volume suara yang rendah.

  1. Hissing

Biasanya bunyi Hissing ini akan terdengar seperti desisan suara ular. Melansir dari situs sugargliderworld.com, hewan marsipula yang satu ini akan mendesis ketika sedang membersihkan diri. Bukan hanya itu saja, sugar glider juga akan mendesis ketika merasa terganggu atau tidak suka didekati.

  1. Purring

Suara Purring yang dikeluarkan sugar glider jarang bisa terdengar jelas oleh manusia karena sangat rendah, bunyinya mirip seperti dengkuran kucing. Jika sugar glider mengeluarkan suara ini saat di dekat Anda, artinya sugar glider merasa nyaman dengan Anda.

  1. Mating

Suara ini hanya akan dikeluarkan oleh sugar glider betina, bunyinya akan terdengar seperti suara tikus. Suara Mating akan terdengar jika sugar glider akan melakukan proses perkawinan, namun suara ini hanya akan terdengar sekali dua kali dengan nada yang tidak beraturan. Jika mendengar suara ini, Anda hanya perlu menunggu sugar glider betina memiliki joey dalam waktu 15 hingga 17 hari.

  1. Crying

Sugar glider juga bisa menangis lho, tapi suara crying atau tangisan ini hanya akan dikeluarkan oleh joey (anakan sugar glider). Biasanya joey akan mengeluarkan suara crying ketika sedang mencari atau memanggil induknya.

Reporter: Miskatul Nisa Kamilah

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here