Barakallah! Ini Rahasia Menakjubkan dari Puasa Sunnah Senin-Kamis

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Pasti kamu sudah tidak asing jika mendengar orang berpuasa di hari Senin dan Kamis. Puasa ini merupakan ibadah yang dirutini oleh Rasullulah SAW.

Terkadang kita masih malas melakukan ibadah tersebut karena bukan suatu hal yang fardhu. Namun, tahukah kamu apa arti dari rajinnya berpuasa Senin Kamis?

1. Pintu Surga akan Dibuka pada Hari Senin dan Kamis

Rasulullah SAW bersabda:

Dibukanya pintu surga pada hari Senin dan Kamis berarti pada saat itulah setiap orang-orang Mukmin diampuni, kecuali dua orang Mukmin yang sedang bermusuhan. Hal ini tertera dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai”. (HR. Muslim)

  1. Puasa Senin Kamis Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

Banyak orang yang melakukan diet ketat untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Namun mereka tak sadar bahwa hal tersebut tidaklah menyehatkan. Berpuasalah Senin-Kamis sebagai pengganti diet ketatmu. Selain bisa menjaga tubuh tetap ideal, berpuasa Senin Kamis juga bisa menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

  1. Hari Kelahiran Rasulullah SAW

Tahukah kamu jika hari Senin merupakan hari kelahiran Rasulullah SAW? Sabdanya: “Hari Senin adalah hari kelahiran saya, dan pada hari itu juga wahyu diturunkan kepada saya”.

  1. Amalan-amalan Dihadapkan pada Hari Senin dan Kamis

Sungguh membahagiakan jika Allah SWT melihat amalan-amalan kita apalagi disaat kita sedang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda: “Berbagai amalan akan dihadapkan pada hari Senin dan Kamis. maka aku suka jika amalanku dihadapkan ketika aku sedang berpuasa”.

Itulah arti dari puasa sunnah Senin Kamis yang sering dilaksanakan Rasulullah SAW. Begitu banyak manfaat yang akan didapatkan dengan rajin berpuasa. Yuk lawan malas dari sekarang dan giatkanlah berpuasa sunnah. (Annastasya Rizqa/RyV)

 

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini