Ilustrasi anak kucing (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar baik untuk para pecinta kucing! Meskipun sering dinilai sebagai hewan yang sulit diatur, ternyata memelihara hewan menggemaskan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda lho!

Dilansir dari situs Single Care, hasil studi tahun 2019 yang dilakukan oleh Washington State University telah membuktikan bahwa bermain bersama kucing mampu menurunkan kadar stres seseorang. Membelai dan memberikannya perhatian selama 10 menit teruji dapat memunculkan perasaan senang akibat pelepasan hormon oksitosin dalam tubuh.

Selain menurunkan tingkat stres, dengan melihat video kucing di internet juga dapat membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Hal tersebut dijelaskan oleh peneliti Jessica Myrick, Ph. D yang sudah melakukan survey terhadap 7.000 orang.

Myrick mengatakan kebanyakan dari mereka memiliki tingkat emosi positif yang lebih tinggi serta merasa sedikit lebih berenergi setelah menonton deretan video kucing secara online. Nah, mungkin itu bisa jadi salah satu alternatif bagi Anda ketika sedang merasa penat atau sedih. Cukup membuka ponsel atau laptop, Anda sudah bisa terhibur dengan kumpulan video lucu yang menggelitik perut.

Satu ini sepertinya merupakan keistimewaan yang hanya dimiliki oleh kucing nih. Lagi-lagi sebuah studi menunjukkan jika hubungan antara kucing dan pemiliknya berpotensi menurunkan tingkat kematian akibat serangan jantung dan stroke. Sayangnya, hal ini ternyata tidak berlaku untuk para pemilik anjing lho.

Dan bagi Anda yang menderita hipertensi, ada baiknya untuk mempertimbangkan kucing sebagai hewan peliharaan. Nyatanya, tersimpan manfaat saat Anda mendengarkan dengkuran halus kucing ketika kita membelainya.

Dengkuran kucing memberikan efek menenangkan yang berkhasiat menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh manusia.  Jadi, jangan ragu-ragu untuk selalu membelai kucing kesayangan Anda di rumah ya!

Jika Anda adalah seorang orangtua, pastinya ingin sekali agar anak-anak terhindar dari alergi terhadap hewan peliharaan bukan? Membiasakan anak untuk berinteraksi dengan kucing sejak bayi akan mengurangi resiko alergi anak terhadap kucing di kemudian hari.

Menjadikan kucing sebagai hewan pendamping juga membantu anak agar tercegah dari alergi lain seperti alergi debu dan rumput.

Wah, gak disangka ya kalau memelihara kucing memiliki begitu banyak manfaat! Setelah membaca ini, jangan lupa untuk memberikan kasih sayang ekstra pada anak bulu kalian di rumah ya!

Reporter: Ananda Salsabila Nadira

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here