Kain Endek Bali di pagelaran Paris Fasion Week

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pagelaran busana internasional, Paris Fashion Week resmi digelar pada Selasa 29 September 2020 di Paris, Prancis di tengah wabah virus Covid-19.

Dalam pagelaran ini, rumah mode Christian Dior kembali tampil menghadirkan karya-karya terbaiknya. Tak cuma karya biasa, Dior menampilkan kain Endek khas Bali, Indonesia sebagai salah satu dari koleksinya.

Kain Endek Bali menjadi bahan pilihan Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021 yang di peragakan dalam Paris Fashion Week pada sore hari 29 September 2020 di Jardin de Tuileries, Paris.

Dari sekitar 86 koleksi busana yang ditampilkan, ada sembilan koleksi yang memakai kain Endek asal Bali ini. Busana tersebut nampak terlihat diperagakan para model yang berjalan di atas cat walk.

Menurut tim Christian Dior, kain Endek Bali merupakan nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan hasil karya yang ingin diangkat oleh mereka. Tak sampai di situ, Artistic Director Dior menyatakan bahwa inspirasi Christian Dior untuk menggunakan kain Endek Bali karena ingin mengangkat nilai dari kebudayaan serta craftsmanship Indonesia terutama dari para penenun perempuan.

Pemerintah Provinsi Bali telah memberikan dukungan penggunaan kain Endek Bali kepada pihak Dior. Mereka pun meminta pada Dior agar bisa menghormati kain asal Indonesia itu.

Paris Fashion Week digelar pada 29 September 2020 dan akan berlangsung selama sepekan hingga 6 Oktober 2020. Tak sembarang digelar, Paris Fashion Week tetap memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat, mulai dari pembatasan tamu yakni hanya 300 orang dari 1000 orang. Selain itu, para tamu juga diwajibkan memakai masker wajah dan diminta untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here