Bangga Banget! Ini 7 Keistimewaan Indonesia yang Tidak Dimiliki Negara Lain

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Negara manakah yang merupakan negara terkaya di dunia? Amerika? Qatar? Luksemburg? Mungkin semua negara itu benar dalam segi finansial dan perkembangan industrinya. Namun, negara mana yang paling kaya dalam budaya dan alamnya?

Yup, Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan yang beragam dalam hal budaya dan alamnya. Negara yang terdiri dari banyak pulau dan suku ini memiliki keistimewaan yang jarang dimiliki oleh negara lain.

Yuk, kenali lebih jauh tentang keistimewaan Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain!

1. Negara maritim terbesar di dunia

Menjadi negara dengan luas perairan yang lebih besar daripada luas daratannya, tak heran Indonesia merupakan negara maritime terbesar di dunia. Luas perairan yang dimiliki Indonesia adalah 93.000 kilometer persegi.

Panjang pantainya memiliki luas sekitar 81.000 kilometer persegi, alias hampir 25 persen dari total panjang pantai yang ada di dunia. Gokil!

2. Negara kepulauan terbesar di dunia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Besar di sini tak hanya dari luasnya saja, tapi juga dari banyaknya pulau-pulau kecil yang mengelilingi dan menyusun kawasan di Indonesia.

Pulau-Venue
Pulau-Venue (wartawisata.id)

Terhitung ada lebih dari 17.000 pulau yang menyusun kawasan Indonesia. Mau tahu luas wilayah dari Indonesia? Luasnya kurang lebih 1.904.569 kilometer persegi. Tak heran Indonesia memiliki terumbu karang terbanyak, yaitu mencapai 18 persen dari total terumbu karang dunia.

3. Kaya akan budaya

Dengan banyaknya pulau, menjadikan Indonesia juga memiliki kekayaan budaya yang tak tertandingi. Dimulai dari suku, Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia yang mencapai jumlah 740 suku, di mana 270 sukunya terdapat di Papua.

Suku Dani di Wamena (ilustrasi)

Lain suku, lain juga bahasa daerahnya. Indonesia memiliki sebanyak 583 bahsa daerah dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan. Bahasa Jawa merupakan bahasa bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak, meski bahasa nasional negara ini adalah bahasa Indonesia.

4. Negara muslim terbesar

Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia .

Berdasarkan data dari Globalreligiusfuture, penduduk Indonesia yang beragam Islam di tahun 2010 sebanyak 209,12 jjuta jiwa. Sedangkan di tahun 2020, jumlahnya diperkirakan akan bertambah hingga mencapai 229,62 juta jiwa.

Ilustrasi reuni 212
Ilustrasi reuni 212

Nggak hanya itu, dengan banyaknya penduduk muslim, Indonesia juga memiliki jumlah masjid terbanyak, serta merupakan negara asal jamaah haji terbesar di dunia.

5. Keajaiban dunia

Monumen Budha terbesar di dunia juga ada di Indonesia. Candi Borobudur, merupakan candi Budha terbesar di dunia yang berada di Jawa Tengah.

Tinggi candi ini mencapai 42 meter, dengan 10 tingkat, dan pannjang relief lebih dari 1 kilometer. Konon katanya, candi ini dibangun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno, di mana pembuatannya memakan waktu hingga 40 tahun!

Putri Mahkota Kerajaan Denmark kunjungi Candi Borobudur
Putri Mahkota Kerajaan Denmark kunjungi Candi Borobudur (foto istimewa)

6. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia

Arkeolog, Harry Widianto mengatakan bahwa fosil manusia purba Homo Erectus yang ditemukan di Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, diperkirakan sebagai fosil tertua. Fosil tersebut berupa bonggol tulang paha, pecahan rahang, dan akar gigi.

Fosil itu diperkirakan berusia 1,8 juta tahun yang lalu, di mana jauh lebih tua dari fosil yang ditemukan di Sangiran yang berusia sekitar 1,5 juta tahun yang lalu.

7. Bunga terbesar di dunia

Kamu pasti mengenal bunga satu ini, kan? Rafflesia Arnoldi adalah jenis bunga besar yang punya aroma busuk. Bunga ini merupakan salah satu bunga nasional Indonesia.

Menjadi bunga terbesar, berat Rafflesia Arnoldi ini mencapai 24 kilogram, dengan diameter sekitar 1 meter. Uniknya, bunga ini hanya dapat tumbuh dan berkembang di hutan hujan primer.

Kamu bisa menemukan bunga parasit ini di kawasan hutan lindung, di antaranya ada di Kabupaten Kepahiang, Mukomuko, Seluma, dan Bengkulu Selatan. (Dinda)

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini