Baking Soda Memiliki Banyak Manfaat? Ini Penjelasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Baking soda kerap digunakan sebagai bahan pengembang kue. Meski baking soda dikenal dengan sebutan soda kue namun keduanya merupakan hal yang berbeda. Perbedannya terletak pada senyawa komposisinya.

Jika soda kue bercampur dengan zat asam seperti mentega, gula  merah dan cuka, soda kue akan melepaskan gelombang gas karbondioksida dan mengembangkan kue. Sementara baking powder terbuat dari sodium bikarbonat plus zat asam monocalcium phosphate serta sodium aluminum sulfate.

Namun tidak hanya itu, baking soda juga bermanfaat ganda yaitu untuk menunjang kesehatan atau membersihkan lingkungan rumah. Berikut ada beberapa manfaatnya.

Pertama, baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap kulkas. Bau tak sedap dari kulkas bisa datang dari timbunan makanan yang disimpan di dalamnya. Maka untuk meminimalisir bau tidak sedap ini bisa menggunakan baking soda.

Kedua yaitu menghilangkan bau sepatu. Baking soda bisa mengurangi aroma apek pada sepatu. Untuk mengurangi baunya, bisa dengan menaburkan baking soda dalam sepatu.

Ketiga, yakni untuk obat kumur. Berdasarkan Healthline baking soda bisa digunakan sebagai obat kumur. Baking soda efektif digunakan membersihkan rongga mulut karena mengandung antibakteri.

Keempat, yaitu baking soda bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Beberapa pasta gigi bisa ditambahkan dengan baking soda ke dalamnya. Tujuannya untuk membersihkan plak gigi.

Terakhir, baking soda bisa digunakan untuk mengobati gatal akibat gigitan serangga dan sengatan lebah. Campuran baking soda dan air hangat bisa digunakan untuk mengompres kulit yang gatal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini