Bahaya Nggak, Bangun Pagi Langsung Berdiri?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Susah bangun pagi menjadi masalah klasik yang selalu dialami semua orang. Namun, pernah kah Anda mendadak pusing ketika memaksakan langsung berdiri saat bangun pagi?

Banyak yang mengatakan ini terjadi karena jantung terbebani dan bisa berakibat fatal. Benarkah demikian?

Ahli jantung dr Aron Husink, SpJP, mengatakan prinsipnya aliran darah itu adalah cairan, yang mana setiap carian pasti ada tekanan yang akan mengisi ruang-ruang yang akan diisinya.

Menurut dr Aron, saat tidur tekanan darah seseorang akan turun. Jika saat bangun dipaksakan untuk langsung berdiri, maka cairan tubuh akan tertarik oleh gravitasi menuju ke arah kaki. Hal yang sama terjadi pada darah, yang juga merupakan cairan.

Pada orang sehat, pembuluh darah masih bagus dan denyut jantung masih kuat, maka kondisi ini tidak jadi masalah. Dalam sekejap, jantung bisa menarik kembali darah yang turun ke arah kaki, sehingga kepala tidak terasa pusing.

Tetapi bagi orang yang ada riwayat lemah jantung, atau usia lanjut, sistem kompensasinya tidak semulus pada orang sehat. Mendadak berdiri saat bangun tidur membuat tensi atau tekanan darah drop dan suplai oksigen di otak berkurang. Ini yang menyebabkan rasa pusing. “Ini disebut hipotensi ortostatik,” katanya.

Kondisi ini, menurut dr Aron tidak berbahaya. Ini terjadi hanya karena perubahan posisi dari telentang ke duduk atau bahkan berdiri tegak.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini