Bahaya! Ini Sederet Foto yang Gak Boleh di Upload di Sosmed

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sosial media selalu menjadi wadah untuk memamerkan momen-momen dalam hidup, baik dalam bentuk video maupun foto. Bahkan, sering kali warga net membagikan hal-hal yang sebenarnya gak terlalu penting.

Akan tetapi, tahukah kamu ada beberapa jenis foto yang sebenarnya tak boleh kamu upload di sosial media. Sebab, hal tersebut bisa berbahaya bagi dirimu sendiri.

Akun Instagram @abahraditya, membagikan tips apa saja foto yang tak boleh di upload di sosmed. Nih, biar kamu bijak memposting dan bersosial media, yuk simak jenis-jenis foto seperti apa saja yang gak boleh kamu posting ke sosial media.

  1. Passport dan Boarding Pass

Sering banget nih anak muda membagikan foto passport dan boarding pass mereka ke sosial media. Entah untuk maksud apa, tapi kamu harus paham kalua memposting foto ini bisa berbahaya loh.

Menurut ahli cybercrime, Brian Krebs, hacker dapat mengakses data pribadi sepertinomor telepon, tanggal lahir dan informasi penting lainnya yang tercantum di passportmu. Gak cuma itu, orang asing pun bisa mencari tahu tanggal kapan kamu akan pergi dan pulang. Tentu saja hal tersebut sangat membahayakan dirimu jika kamu sering mempostingnya di sosial media.

2. Informasi anak

Memposting perkembangan anak dan tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan memang suatu hal yang menyenangkan. Namun, sepertinya kamu perlu pertimbangkan nih untuk mengupload kegiatannya.

Pasalnya, anak tetap memiliki privasi yang harus dijaga agar tak diketahui oleh orang asing. Untuk melindungi privasi tersebut, jangan mengumbar informasi pribadi seperti nama lengkap, sekolah dan kota asalnya. Apalagi jika akun Instagram tersebut tidak protect sehingga bisa diakses oleh orang lain.

3. Uang

Sempat marak di sosial media sejumlah artis dan Youtuber yang memposting saldo ATM mereka. Hmm, lebih baik pikir-pikir dulu deh sebelum kamu mengikuti tren tersebut.

Mengunggah informasi tentang keadaan finansial bukanlah suatu aksi yang bijaksana. Jangan sekali-kali kamu mengunggah ke sosial media uang, kartu kredit, termasuk juga saldo ATM. Sebab, hal tersebut bisa mengundang tindak kriminal yang bisa membahayakan dirimu sendiri.

4. Isi Percakapan

Nah satu ini sering banget kita temui saat membuka sosial media ya. Banyak sekali warga net, terutama anak-anak muda yang kerap memposting tangkapan layar sebuah chat atau percakapan. Padahal hal tersebut sepatutnya tidak diunggah sembarangan loh.

Selain tak pantas, hal tersebut merupakan privasi kamu dan temanmu yang harus kamu jaga. Terlebih jika isi percakapan tersebut bersifat privat dan sensitive. Jadi pikirkan lagi jika ingin memposting isi percakapan ya.

5. Foto Orang Lain

Meski terdengar sepele, memposting foto orang lain di sosial media tanpa izin merupakan tindakan yang tidak baik. Karena bisa jadi orang tersebut tidak suka dengan tindakanmu.

Jika kamu ingin memposting foto orang lain, ada baiknya kamu izin terelebih dahulu ya. Atau sertakan sumber agar gak melanggar hak cipta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini