Bahaya! Ini Akibatnya Sering Mengucek Mata

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat mata terasa gatal atau tak nyaman, pasti kamu reflek menyentuh dan menguceknya. Hal tersebut mungkin bisa meredakan rasa gatal pada mata tersebut ya.

Mengucek mata juga kerap kali dilakukan saat bangun tidur. Namun, sebenarnya aman gak sih terlalu sering mengucek mata?

Mengucek mata memang dapat merangsang air mata keluar dan kemudian melumasi mata yang kering. Keluarnya air mata ini akan membantu mata untuk menghilangkan kotoran seperti debu serta zat yang bisa membuat iritasi lainnya.

Tidak hanya itu, air mata yang keluar disertai tekanan perlahan pada mata dianggap bisa merangsang saraf vagus, yang memperlambat detak jantung kamu, sehingga menghilangkan stres.

Tetapi ternyata, mengucek mata yang berlebihan ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan yang buruk bagi mata loh. Apa saja sih? Yuk simak!

  1. Rabun Jauh

Hal pertama yang bisa terjadi jika kamu sering mengucek mata ialah masalah rabun jauh. Rabun jauh merupakan suatu kondisi ketika seseorang mengalami gangguan saat melihat objek jarak jauh. Rabun jauh terjadi karena mata tidak dapat memfokuskan cahaya yang masuk ke retina bagian mata yang berfungsi untuk melihat.

Pada penderita gangguan rabun jauh, mengucek mata akan membuat parah penglihatan, karena retina akan berada di bawah tekanan dan gesekan terus menerus yang menyebabkan semakin rusaknya retina.

2. Infeksi Mata

Salah satu alasan kenapa mengucek mata kegiatan yang kurang baik adalah karena tangan yang kamu gunakan, mungkin saja dipenuhi dengan bakteri, kotoran dan juga parasit yang bisa menyebabkan mata infeksi. Membran berlendir pada mata berfungsi untuk menjaga kelembaban mata setiap saat adalah tempat yang sangat rawan terkena bakteri serta parasit sebagai tempat tinggalnya.

Saat melakukan berbagai kegiatan, seperti menyentuh barang, melakukan kontak dengan hewan atau orang lain, lalu kemudian seketika mengucek mata tanpa mencuci tangan, akan sangat banyak sekali bakteri yang menempel pada mata. Untuk itu, usahakan jaga kebersihan tangan sebelum bersentuhan langsung pada mata.

3. Mata Bintitan

Mata bintitan merupakan gejala infeksi pada kelenjar kelopak mata yang akan menyebabkan timbulnya benjolan kecil baik pada kelopak mata atas maupun bawah. Benjolan ini umumnya menyebabkan rasa nyeri, kemerahan, dan terasa gatal. Jika dibiarkan terlalu lama benjolan ini dapat mengeluarkan nanah.

Pada kondisi tertentu, mata bintitan dapat disebabkan oleh adanya sumbatan pada kelenjar kelopak mata. Sumbatan tersebut menyebabkan isi kelenjar menumpuk dan memicu terjadinya reaksi inflamasi pada kelopak mata yang akhirnya menyebabkan benjolan.

4. Keratoconus

Selanjutnya hal berbahaya bisa menimpa matamu jika terlalu sering menguceknya ialah keratoconus. Keratoconus adalah penyakit atau kondisi ketika kornea mengalami penipisan dan penonjolan ke luar serta membentuk menyerupai kerucut.

Kornea adalah lapisan jernih berbentuk kubah yang melapisi bagian tengah mata. Kondisi kornea yang berubah bentuk ini akan dapat menyebabkan pandangan mata
menjadi buram serta peningkatan sensitivitas mata kepada cahaya.

5. Glaukoma

Terakhir ialah glaukoma. Masalah mata ini bisa saja terjadi jika kamu sering mengucek matamu, apalagi dilakukan terlalu keras.

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang memengaruhi gangguan penglihatan dan kebutaan. Kondisi ini umum terjadi karena disebabkan oleh tingginya tekanan bola mata.

Saraf mata adalah kumpulan serat saraf yang menghubungkan retina ke otak. Saat saraf mata rusak, sinyal yang menyampaikan apa yang anda lihat ke otak akan terganggu. Secara perlahan, ini akan menyebabkan hilangnya penglihatan atau kebutaan pada mata.

Salah satu penyebab glaukoma adalah karena adanya peningkatan tekanan yang berlebih pada bola mata. Tekanan ini bisa terjadi dari kebiasaan mengucek mata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini