Awas! Sederet Benda Ini Bisa Sebabkan Mabuk Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mungkin orang-orang akan mabuk jika mengonsumsi minuman beralkohol dan narkoba. Namun, siapa sangka selain dua benda itu ada lagi yang dapat memabukkan manusia. Ada beberapa benda di sekitar kita jika disalahgunakan bisa membuat kita mabuk.

1. Obat batuk dalam bentuk sirup

Obat jenis ini bissa membuatmu mabuk jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak sekaligus. Efek yang ditimbulkan oleh obat ini disebut robotripping.

Dilansir dari Drug Rehab, obat batuk sirup bisa menimbulkan hal tersebut karena ia mengandung dextromethorphan (DXM). Efek sampingnya adalah tubuh terasa melayang, detak jantung dan napas melambat, hingga menyebabkan kematian.

2. Lem

Yang ini pasti sudah diketahui banyak orang. Jika dihirup dalam jumlah banyak, lem akan membuat seseorang mabuk dan kecanduan.

Bahan ini pun disalahgunakan oleh banyak remaja untuk mabuk dengan cara yang mudah. Dilansir dari The National Institute on Drug Abuse, zat kimia di dalamnya dapat membuat seseorang merasakan euforia dan halusinasi.

3. Pil anti masuk kendaraan

Fungsi sebenarnya justru untuk menghindari mabuk. Namun, sebagian orang menyalahgunakan obat ini untuk mabuk.

Mengutip WebMD, ternyata tindakan ini adalah hal yang cukup sering dilakukan oleh remaja Amerika Serikat. Mereka mengonsumsi pil anti mabuk dalam dosis tinggi untuk merasakan sensasi high.

4. Hand sanitizer

Di tengah pandemi Covid-19, hand sanitizer menjadi barang wajib dimiliki oleh semua orang. Fungsinya sangat jelas, yaitu untuk membasmi kuman yang ada di tangan sebagai pengganti air dan sabun. Namun, ada orang yang memakainya dengan cara meminumnya. Tentu ini adalah tindakan berbahaya. Efek samping yang mungkin timbul adalah keracunan, kejang-kejang, koma, atau bahkan mati.

Reporter : Afif Ardiansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

PJ Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas Dukung Penuh Program Amanah Dalam Menciptakan SDM Anak Muda Aceh Yang Unggul Dan Hebat

Aceh - Pejabat Bupati (Pj) Nagan Raya Fitriany Farhas menegaskan pihaknya mendukung penuh program Aneuk Muda Aceh Unggul dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini