Awas! Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Prostat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bukan rahasia lagi jika merokok merupakan kegiatan yang tak ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Namun, banyak orang yang kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Apalagi, ada banyak risiko penyakita yang bisa terjadi jika kamu tak berhenti merokok. Salah satunya kanker prostat.

Siapa sangka, merokok bisa menjadi faktor terjadinya penyakit yang menyerang alat kelamin kaum adam. Hal ini pun dibenarkan oleh dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU(K), PhD, Ketua Prostate Awareness Month.

Dalam webinar bertajuk ‘Kenali Prostatmu: Pentingnya deteksi dini dan penanganan kanker prostat pada orang dewasa untuk meningkatkan usia harapan hidup’, dr. Rizal mengatakan merokok merupakan salah satu faktor terjadinya kanker prostat pada pria.

“Karena merokok bis amerubah gen. Memang lebih banyak di paru-paru. Tapi tetap bisa meningkatkan risiko kanker prostat,” kata dr. Rizal, Senin 6 September 2021.

Ia juga menjelaskan beragam faktor risiko lainnya yang bisa menyebabkan kanker prostat. Yakni faktor usia di atas 50 tahun, keturunan, dan kurang olahraga.

Lebih lanjut, dr. Rizal meminta agar para pasien pria bisa lebih waspada dan sadar akan penyakit tersebut. Jika dirasa memiliki faktor risiko yang disebutkan, segera konsultasikan ke dokter meski baru usia 40 tahunan.

“Laki-laki dengan risiko tinggi disarankan untuk deteksi dini secara berkala,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini