Awas! Keseringan Ngopi Bisa Bikin Bibir Jadi Hitam

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apa yang terlintas di benakmu saat melihat bibir seseorang yang hitam? Mungkin kamu berpikir orang tersebut merupakan perokok berat ya.

Umumnya, bibir yang kehitaman sering kali membuat orang tak percaya diri, terutama wanita. Maka, seringkali kaum hawa menggunakan riasan seperti lipstick untuk membantu menutupi bibir yang kehitaman.

Bibir adalah anggota tubuh yang sangat sensitif terhadap paparan bahan kimia dan sinar matahari. Jika tidak dijaga dengan baik, kulit bibir bisa dengan mudah berubah warna jadi hitam.

Nah, penyebab warna bibir jadi gelap sering kali dikaitkan dengan rokok. Padahal, banyak loh penyebab lainnya yang bikin warna bibir kehitaman. Salah satu pemicunya ialah keseringan minum kopi.

Terlalu sering minum kopi biasanya dikaitkan dengan masalah lambung dan pencernaan. Namun, kamu harus tahu kalo kopi juga bisa bikin bibirmu hitam jika dikonsumsi terlalu banyak.

Dikutip dari Alodokter, kopi mengandung kafein yang menyebabkan perubahan pada warna bibir menjadi lebih gelap. Kafein adalah zat diuretik yang bikin kita banyak mengeluarkan cairan dalam tubuh, biasanya lewat urin.

Karena itu, keseringan minum kopi bisa membuat dehidrasi yang menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah hingga menggelap. Tapi, gak cuma bikin bibir jadi hitam, keseringan ngopi juga menyisakan noda pada gigi dan membuatnya terlihat kuning.

Dengan demikian, kamu perlu bijak dan membatasi konsumsi kopi di setiap harinya. Sebab, gak cuma bikin warna bibir jadi gelap dan gigi menguning, kandungan kafein dalam kopi bisa membuat ketergantungan, baik secara fisik maupun psikologis.

Nah, jika kamu sedang usaha untuk menghilangkan warna bibir yang gelap, sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi kopi untuk membantu mengurangi kehitamannya. Disarankan untuk konsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya tidak lebih dari 400 mg sehari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini