Awas! Kesalahan Keramas Ini Bisa Bikin Rambut Rusak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Keramas merupakan bagian dari merawat rambut yang sederhana. Saat seharian melakukan aktivitas, rambut bisa jadi sarang bakteri, dan lepek.

Kalau sudah begitu, keramas menjadi pilihan terbaik untuk membuat rambut bisa kembali indah. Selain bikin gak bad hair day, keramas juga membuat rambutmu makin wangi dan segar.

Namun, kamu harus tahu kalau keramas gak bisa asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar rambut kamu gak rusak akibat keramas.

Apa saja sih? Yuk simak!

1. Menggunakan Air Panas

Hal pertama saat keramas yang membuat rambut kamu rusak ialah menggunakan air panas. Keramas menggunakan air keramas sebaiknya jangan dilakukan ya!

Menurut ahli, keramas menggunakan air panas bisa mempengaruhi kelembaban rambut. Jika mencuci rambut dengan air panas, bisa membuat kelembabannya hilang dan membuat kering.

Kalau sudah begini, rambut akan kusut dan gak bercahaya. Tentu itu merupakan tanda rambut kamu rusak gaes!

2.  Tidak Menyisir Rambut Sebelum Keramas

Selanjutnya ialah tidak menyisir rambut kamu sebelum keramas. Meski terdengar sepele, hal ini bisa berakibat pada kerusakan rambut lho!

Sebelum keramas, biasanya rambut terasa kusut dan kasar. Jika menyisirnya sebelum keramas, ini bisa membantu rambutmu jadi lebih halus dan gak terlalu kusut. Maka, saat selesai keramas, rambut kamu jadi lebih teratur dan gak rontok.

3. Memijat Kulit Kepala Terlalu Keras

Saat keramas, biasanya kita reflek menggosok atau memijat kulit kepala dengan kuat. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kulit kepala dari bakteri dan kotoran.

Padahal, menggosok atau memijat kulit kepala terlalu keras bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut lho! Tahapan yang benar dimulai dengan mengaplikasikan sampo pada ujung rambut terlebih dahulu. Kemudian, pijat secara perlahan sampai ke bagian akar rambut.

4. Terlalu Sering

Hal terakhir yang membuat rambut jadi mudah rusak ialah terlalu sering keramas. Bukannya membuat kamu indah, keramas terlalu sering bisa membuat rambut kamu jadi kering dan rusak.

Saat terlalu sering keramas, kelembaban yang datang dari minyak alami di rambutmu akan terangkat. Supaya hal tersebut gak terjadi, kamu bisa membuat jadwal cuci rambut selama 2-3 kali dalam seminggu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini