Ilustrasi insomnia (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Influencer Millendaru atau Millen Cyrus kembali terjerat kasus narkoba saat digrebek di cafe Brotherhood, Jakarta Selatan. Saat di tes, Millen dinyatakan positif barang haram jenis benzo.

Namun, menurut pengakuan keluarga, Millen memang sedang mengonsumsi obat tidur dengan kandungan benzo dan sudah sesuai resep dokter. Obat tersebut ia konsumsi karena mengalami kesulitan tidur atau insomnia.

Pada dasarnya, insomnia atau kesulitan tidur di malam hari bisa berdampak pada kesehatan dan juga aktivitas sehari-hari. Itu mengapa insomnia merupakan masalah kesehatan yang sangat menganggu.

Biasanya, kesulitan tidur dipicu oleh beberapa hal. Mulai dari makanan, minuman hingga kondisi mental yang tidak stabil. Ada beberapa masalah mental yang menyebabkan kamu jadi insomnia atau kesulitan untuk tidur.

Apa saja? Yuk simak!

1. Gangguan Kecemasan

Masalah mental pertama yang berimbas pada sulit tidur ialah gangguan kecemasan. Dilansir dari Hello Sehat, hampir 90 persen orang dewasa dengan gangguan kecemasan melaporkan mengalami gejala insomnia sedang hingga parah.

Orang dengan gangguan kecemasan cenderung lebih mudah cemas secara berlebihan dan sulit menanganinya. Meski tubuh sudah kelelahan, rasa takut, waspada, dan khawatir yang terus muncul membuat seseorang sulit untuk mencoba tidur dengan nyenyak.

2. Serangan Panik

Selanjutnya ada serangan panik. Saat seseorang mengalami masalah ini, jantungnya akan berdegup lebih cepat, pusing hingga sesak napas.

Mayoritas pasien dengan gangguan ini biasanya pernah mengalami serangan panik nokturnal, yaitu serangan panik yang terjadi selama tidur. Serangan panik nokturnal dapat mengembangkan gejala insomnia karena pasien merasa takut dan berusaha untuk menghindari tidur.

3. Depresi

Banyak orang yang mengalami depresi dan berimbas pada kualitas tidur yang kurang baik. Sebab, sekitar tiga perempat dari pasien depresi memiliki gejala insomnia.

Depresi merupakan gangguan mood yang menyebabkan seseorang merasa sedih, putus asa, tidak berdaya, dan tidak berharga. Semua emosi negatif tersebut menyita pikiran kamu dan mebuat dirimu sulit untuk tidur.

4. Gangguan Bipolar

Satu lagi masalah mental yang berujung pada kesulitan tidur ialah gangguan bipolar. Seseorang yang mengalami bipolar bisa mengalami perubahan mood yang ekstrem, dari depresi hingga ke level yang tidak terkendali.

Sama seperti depresi pada umumnya, pasien bipolar juga tidak bisa tidur dengan tenang. Bahkan, jika pasien bipolar sudah parah kemungkinan membuat mereka melupakan rasa lelah sehingga tidak bisa memulai tidur.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here