MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari Jumat t’lah tiba. Tak ada salahnya kamu cari keberkahan di hari yang istimewa bagi umat Muslim ini.

Tak cuma shalat Jumat, amalan ini juga bisa nambah pahala kamu di hari Jumat loh. Yuk simak.

1. Bersih-bersih Diri

Sangat dianjurkan di hari Jumat kamu membersihkan diri dengan maksimal. Rasulullah SAW pun bersabda:

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesua kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum lalu berangkat ke masjid dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk melewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat”. (HR.Bukhori)

2. Membaca Surat Yasin

Umat Muslim sangat dianjurkan membaca surat Yasin pada hari Jumat. Keutamannya ditegaskan dalam hadis riwayat Abu Daud.

“Barang siapa membaca surat Yasin dan Al-Shaffat di malam Jumat, maka Allah akan kabulkan permintaannya”. (HR. Abu Daud dari Al-Habr).

3. Membaca Surat Al-Kahfi

Tak cuma surat Yasin, di hari Jumat kamu juga disarankan membaca surat Al-Kahfi untuk mengejar keberkahan. Membaca surat ini bisa kamu lakukan saat siang atau malam hari di hari Jumat.

Dengan membaca surat ini, Allah SWT akan memberi ketenangan dan rasa damai di hati. Selain itu, kita juga bisa terlindung dan dijauhi dari fitnah Dajjal di hari kiamat.

4. Perbanyak Dzikir dan Salawat

Selain amalan diatas, umat Muslim pun dianjurkan memperbanyak dzikir dan salawat di hari Jumat. Rasulullah SAW bersabda:

“Maka perbanyaklah salawat kepadaku pada hari Jumat ini, sesungguhnya salawat akan ditampakan kepadaku”. (HR. Abu Daud).

5. Berdoa

Semua waktu memang baik untuk melakukan doa. Namun, hari Jumat merupakan waktu yang tepat.

Dari Abu Hurairah r.a, Rosullullah SAW bersabda:

“Di dalamnya (Jumat) terdapat waktu. Jika seorang Muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang dia minta.” (HR. Bukhari nomor 935 dan Muslim no. 852, dari Abu Hurairah).

6. Shalat Jumat

Tentunya bagi Muslim pria, mereka diwajibkan untuk melaksanakan shalat Jumat di masjid. Apabila seorang Muslim lelaki meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali, maka ia tergolong orang fasik.

Dianjurkan pada saat shalat Jumat, kamu membersihkan badanmu, dan datang sebelum khutbah dimulai.

7. Sedekah

Amalan hari Jumat terakhir yang dianjurkan ialah bersedekah. Seperti halnya berdoa, bersedekah memang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun, jika kamu memperbanyaknya di hari Jumat, Insha Allah keberkahan akan datang padamu.

Bahkan, Allah SWT akan melipatgandakan pahala dan rezekimu jika kamu bersedekah di hari Jumat. Rosulullah SAW bersabda:

“Dan di hari Jumat, pahala bersedekah dilipatgandakan.” (Imam Al-Syafi’i, Al Umm).

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here