Ilustrasi tidur (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apa yang terjadi dimimpi kamu semalam? Masih ingatkah dengan mimpinya? Jika bisa mengingatnya, pasti ingin tahu maksud dan makna yang terdapat dari mimpi yang kamu alami.

Mimpi merupakan hal yang terjadi saat kita tertidur. Hal itu menunjukkan bagaimana otak manusia yang tidak terhubung dengan lingkungan sekitarnya dapat mengalami kondisi dunia sadar dengan sendirinya.

Dalam kajian psikologis, adanya mimpi karena hasil dari ketidakpuasan seseorang. Sebab, hal yang diinginkannya tidak terpenuhi secara sadar hingga terbentuklah sebuah mimpi. Mimpi pun memberikan sebuah gambaran mengenai psikis luar dan dalam bagi pemimpinya.

Sigmund Freud mengatakan bahwa mimpi adalah jalan bebas hambatan yang menuju alam bawah sadar manusia, Mimpi yang masuk kedalam alam bawah sadar berbentuk abstrak. Replika dari keinginan, ketakutan, kesedihan dan hal-hal lain yang dialami seseorang yang tidak bisa diwujudkan dikesehariannya.

Berikut makna mimpi secara psikologis, mungkin salah satunya pernah kamu alami.

1. Mimpi terjatuh diketinggian

Mimpi terjatuh bisa saja karena didorong oleh seseorang atau terjatuh sendiri. Jika jatuh akibat didorong, dalam sisi psikologis bisa saja kamu sedang berada di bawah suatu tekanan yang membuatmu memilih untuk memendamnya sendiri.

Jika yang mendorong mu terjatuh merupakan seseorang yang kamu kenal, bisa saja orang tersebut membuat kamu berada dalam tekanan. Jika murni terjatuh karena kehilangan keseimbangan, bisa saja masalah tersebut berada pada dirimu sendiri bukan dari orang lain.

2. Mimpi dikejar-kejar

Dalam sisi psikologis, jika kamu bermimpi dikejar-kejar, maka kamu sedang menghindari sebuah masalah atau benar-benar putus asa dan ingin lari dari kenyataan.

Jika yang mengejar mu adalah orang yang tak kamu kenal, maka kamu sedang menghindari hal-hal yang menjadi tanggung jawab mu. Dan jika itu ulahmu sendiri, maka kamu sedang mengabaikan hal-hal yang terjadi dalam dirimu sendiri hingga terrefleksi kedalam mimpi.

3. Mimpi kehilangan gigi

Gigi merupakan hal yang terpenting bagi manusia untuk mencacah makanan, jadi gigi diartikan sebagai lambang kepercayaan diri. Jika kamu bermimpi kehilangan gigi, bisa saja kamu sedang tidak percaya diri untuk menghadapi sebuah kenyataan.

4. Mimpi bertelanjang

Apa rasanya jika bagian tubuh tidak sengaja terekspos? Tentu saja malu. Lalu apa arti mimpi bertelanjang?

Prediksi para psikolog mengenai mimpi bertelanjang, berarti seseorang tersebut tengah dilanda kegugupan karena terekspos oleh suatu hal dikenyataanya.

5. Mimpi terbang

Mimpi seolah-olah kamu terbang bermakna kebalikannya dari mimpi kamu terjatuh. Secara psikologi jika bermimpi terbang, maka seseorang yang bermimpi tersebit sudah merelakan hal-hal yang selama ini membebaninya. Ia melepaskan secara lapang dada beban yang telah ia pikul dikenyataanya.

Itulah arti mimpi dari sisi psikologis, dari kelima mimpi tersebut. Mana yang pernah kamu alami? Bertanda baik kah? Apapun yang terjadi dikehidupan, pasti kamu dapat melewatinya.

Reporter : Adinda Putri Nur Afifah

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here