Apa Sih Sindrom FoMO dalam Bermedia Sosial? Ini Penjelasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Zaman sekarang, hidup tanpa bermedia sosial rasanya hampa banget ya. Tapi kalau udah kecanduan media sosial bisa memberikan dampak buruk juga lho buat kita.

Salah satu faktornya adalah kegangguan jiwa seperti sindrom Fear of Missing Out (FoMO). Taukah kamu tentang sindrom ini? Berikut penjelasannya.

Pengertian FoMO

Sindrom FoMO merupakan sebuah persepsi yang dibuat karena telah melihat orang lain lebih bersenang-senang dalam menjalani kehidupan yang lebih baik dibanding Anda. Sindrom ini bisa jadi lebih buruk lagi dengan adanya media sosial.

Akibat dari FoMO ini bisa memengaruhi kepercayaan diri dan melibatkan perasaan kehilangan sesuatu hal yang penting dalam diri kalian. Sebab masyarakat sekarang ini menggunakan media sosial itu sebagai platform ajang ‘pamer’.

Selain itu FoMO juga dapat meningkatkan rasa tak bahagia dan ketidakpuasan dalam hidup. Sehingga keterusan bermain media sosial dapat menimbulkan perilaku tak sehat.

Lalu bagaimana agar tak terkena sindrom FoMO ini? Kita sebagai generasi Z dan Y (milenial) harus memilah-milah tren terkini yang ada di media sosial.

Karena tak semua tren itu bisa memberikan dampak lain pada kita atau tidak. Tak hanya berpengaruh pada kesehatan mental, namun mungkin aja ada penjahat yang bisa dari mana saja untuk mencelakai kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini