Minggu, Oktober 24, 2021

Apa Sih Itu Pneumonia yang Menyerang Pelatih Juventus Maurizio Sarri?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Serie A sudah di depan mata, akhir pekan ini Juventus akan menjalani laga perdana musim 2019/2020 melawan Parma. Sayang, Juventus akan bertanding tanpa didampingi sang pelatih Maurizio Sarri, yang saat ini tengah menjalani perawatan akibat pneumonia akut.

nah, apa sih itu pneumonia? Seberapa bahaya penyakit ini bagi manusia? Apa sebab dan gejalanya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

Pneumonia, Penyakit Apa Ini?

Pneumonia adalah infeksi yang menyerang paru-paru, sehingga kantung udara di dalam paru mengalami peradangan dan membengkak, atau istilah lainnya adalah ‘paru-paru basah’.

Kondisi pneumonia sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak karena dapat menyebabkan kematian. Bayangkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa pneumonia adalah penyebab 16 persen kematian balita di seluruh dunia pada tahun 2015.

Apa Saja Gejalanya?

Pneumonia menampakkan gejala-gejala umum yang dapat Anda ketahui sejak dini, seperti batuk disertai dahak, demam, berkeringat, menggigil, dada sakit, nasfu makan menurun, hingga detak jantung terlampau cepat.

Kemudian, ada juga jenis gejala yang jarang muncul, seperti sakit kepala, mual, muntah, nyeri sendi dan otot, lemas dan mudah lelah, hingga batuk berdarah.

Apa Sebenarnya Penyebab Pneumonia?

Pneumonia umumnya disebabkan oleh bakteri seperti streptococcus pneumoniae, atau jamur maupun virus yang mudah ditularkan melalui udara. Penyebaran penularan pneumonia dibagi menjadi dua, yakni yang menyebar karena lingkungan dan satu lagi yang menyebar di rumah sakit.

Pneumonia rentan menyerang golongan orang-orang sebagai berikut:

1. Balita berusia 2 tahun atau di bawahnya
2. Orang tua di atas 65 tahun.
3. Orang yang menjalani perawatan di rumah sakit dalam waktu lama.
4. Perokok berat.
5. Memiliki riwayat paru-paru kronik atau penyakit jantung.
6. Imunitas rendah, seperti pengidap HIV/AIDS.
7. Sedang menjalani pengobatan kanker dengan kemoterapi.

Jenis-jenis Pneumonia

Penyakit ini terbagi menjadi beberapa jenis, seperti berikut:

1. Pneumonia Bakterial. Bakteri yang paling sering menyebabkan kondisi paru-paru basah ini terjadi yaitu streptococcus pneumoniae, chlamydophlla pneumonia dan legionella pneumophila.

2. Pneumonia Viral. Virus sering kali menjadi penyebab dari penyakit pneumonia pada anak. Biasanya, gangguan yang disebabkan oleh virus ini, tidak terlalu serius dan hanya terjadi dalam waktu yang sebentar saja.

3. Pneumonia Mycoplasma. Mycoplasma adalah jenis organisme yang bukan berasal dari virus maupun bakteri, tetapi dapat mengakibatkan masalah pneumonia.

4. Pneumonia Jamur. Biasanya menyerang orang-orang dengan sistem imun yang rendah.

Berita Terbaru

Pertamina Bangun SPPBE di Sorong untuk Permudah Penyaluran Elpiji di Papua Barat

MATA INDONESIA, SORONG - Pertamina Patra Niaga membangun Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) pertama untuk di...
- Advertisement -

Baca berita yang ini