Apa Kabarnya Rocker Dunia di Masa Pandemi?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 tidak menghalangi rocker kelas dunia terus meluncurkan karya-karya hebatnya. Berikut musisi-musisi rock yang tetap berkarya walau di tengah pandemi corona.

1. Jon Bon Jovi
Gitaris berparas menawan ini merupakan salah satu bagian dari aliran musik rock Amerika Serikat, Bon Jovi yang dibentuk tahun 1983.

Jon bersama Bon Jovi pernah dua kali mentas di Indonesia. Di tahun 1995, Bon Jovi tampil di Ancol. Kemudian, untuk kedua kalinya Bon Jovi datang ke Indonesia di 2015.

Di New Jersey, Amerika Serikat, Jon Bon Jovi mengukir sebuah karya yang terinspirasi dari acara “The Tonight Show with Jimmy Fallon” pada saat masa karantina Covid-19.

Akhirnya, pada 22 Maret 2020 ia berhasil merilis lagunya yang berjudul “Do What You Can” di masa pandemi.

2. God Bless
Grup musik asal Indonesia yang eksis mulai era 70-an ini memulai kejayaannya yang berawal saat menjadi pembuka konser rock legendaris dunia Deep Purple di Jakarta.

Apa kabar God Bless sekarang? Apalagi saat masa pandemi seperti ini. God Bless meluncurkan sebuah lagu dengan lirik yang mengisahkan wujud kecintaan Tanah Air dari seorang seniman, lagu yang dipersembahkan bagi orang-orang yang mengekspresikan kecintaannya pada Ibu Pertiwi.

Band rock legendaris Indonesia ini meluncurkan lagu “Untuk Indoneisaku” dalam rangka menyambut usia bandnya yang menginjak 47 tahun. Lagu tersebut dirilis pada perayaan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020.

Gitaris God Bless, Ian Antono mengatakan pada jumpa pers peluncuran “Untuk Indonesiaku”, selama pandemi ini ia sama sekali tidak memegang gitar. Hal itu mengakibatkan jari-jarinya terasa kaku saat mengiringi lagu.

3. The Rolling Stone
The Rolling Stones merupakan grup musik rock yang namanya sudah terkenal di hampir seluruh dunia. Keith Richard nama salah satu musikus terkenal yang tergabung dalam grup musik ini. Walaupun usianya sudah tidak muda lagi, ia tetap terus berusaha menciptakan lagu baru.

“Saya pikir kami telah memiliki lima, enam, tujuh trek lagu yang kami susun perlahan. Dan sekarang, seperti yang saya katakan, jika pandemi ini terus berlangsung, mungkin kita harus memiliki cara lain untuk populerkan lagu ini,” ujar Richard yang dikutip dari laman Rolling Stone pada Selasa, 8 September 2020.

Di masa pandemi, pria berusia 77 tahun itu merilis sebuah lagu dengan judul “Living In A Ghost Town” pada April 2020. Di tengah pandemi yang membuat orang lain harus karantina mandiri di rumah, lirik lagunya memiliki makna yang berisi tentang suatu kota yang sepi seperti pada awal adanya Covid-19.

4. Bono
Lebih dikenal dengan nama Bono, Paul David Hewson ini merupakan vokalis utama dari band rock asal Irlandia, U2. Ia menjadi penulis utama lagu-lagu U2 yang alunan musik rocknya itu banyak dipersembahkan pada tragedi-tragedi yang tengah terjadi, seperti pada tahun 80-an, dimana pernah terjadi kekerasan serta adanya penembakan yang dilakukan oleh seorang tentara kepada aktivis HAM di Derry, Irlandia Utara. Dari kejadian itu, U2 merilis sebuah lagu berjudul “Sunday Bloody Sunday”.

Di masa pandemi ini, ia menulis lagu yang didedikasikan kepada para garda terdepan Covid-19, termasuk tenaga medis Covid-19. Lagunya berjudul “Let Your Be Known”, yang terbentuk dari kejadian lockdown di Italia. Italia menjadi salah satu negara dengan kasus kematian terbanyak.

5. The Flaming Lips
Berbulan-bulan melewati masa karantina Covid-19, band musik rock Amerika yang terbentuk di era 80-an, The Flaming Lips resmi menggelar sebuah konser musik dengan tema “Space Bubble” di sebuah Theater Oklahoma City, Amerika Serikat pada 22 Januari 2021.

Walaupun band rock itu menggelar konser di tengah pandemi yang bergejolak, ternyata dalam konser tersebut para penonton harus menjaga jarak dan tetap dalam kondisi aman dan berdiri di dalam buble atau semacam gelembung.

Ide baru dan kreatif yang pada awal hanya sekadar omongan biasa, akhirnya berujung nyata. Dalam konser itu, sampai disediakan 100 bubble tembus pandang bagi penontonnya. Hal ini tentu menjadi terobosan baru bagi dunia musik dunia di tengah pandemi.

Reporter : Irania Zulia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini