Apa Benar Minuman Berkolagen Membuat Awet Muda?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kolagen adalah protein yang ada dalam tubuh terutama didaerah otot, gigi dan kulit. Kulit adalah lokasi kolagen terbanyak dalam tubuh, kerusakan pada kolagen dapat mengakibatkan kulit keriput, kerutan pada wajah, dan selulit.

Kulit adalah bagian tubuh yang paling terlihat, sehingga harus ada perawatan untuk membuat kulit tetap sehat dan awet muda. Perbaikan kolagen kuncinya.

Ada beberapa cara meningkatkan kolagen berikut ini agar kesehatan dan kecantikan kulit terjaga, salah satunya minum minuman yang mengandung kolagen.

Minuman berkolagen sudah banyak beredar, tapi apakah benar dapat memperbaiki kolagen dalam tubuh?

Menurut Dokter Monita dalam kanal YouTube-nya, kerusakan pada kolagen dapat ditimbulkan dari faktor internal seperti hormon, ras, dan usia. Faktor externalnya dapat dipicu dari paparan sinar matahari dan gaya hidup yang tidak sehat seperti begadang dan merokok.

Lapisan pertama kulit disebut epidermis, lapisan kedua kulit disebut dermis. Kolagen berada di dalam dermis (lapisan kedua kulit), sehingga jika ingin memperbaiki kulit karena kerusakan kolagen, dengan produk yang mengandung kolagen berbentuk krim dan serum itu tidak akan memberikan efek, karena tidak akan sampai ke lapisan dermis.

Karena hal itu, kini sudah banyak produk minuman yang mengandung kolagen. Kolagen yang ada dalam minuman tersebut biasanya kolagen berbentuk hidrolisate.

Ketika kita meminum kolagen hidrolisate, kolagen akan masuk kepencernaan dan dihisap oleh tubuh sehingga dibawa oleh darah kekulit. Membutuhkan waktu 94 jam untuk membentuk penumpukan kolagen, lalu kolagen tersebut merangsang fibroblas (sel dalam tubuh) untuk membentuknya kolagen baru.

Menurut jurnal Jerone Asserin yang melakukan penelitian memberikan minuman berkolagen kepada pasien selama 56 hari, hasil menunjukan meningkatnya kelembabpan pada kulit pasien, mengurangi kerutan, menebalkan kulit, dan kepadatan kolagen. Penelitian ini dibandingkan dengan orang yang tidak meminum kolagen.

Tenyata benar, minuman yang mengandung kolagen memang memiliki manfaat bagi kulit. Namun setiap produk memiliki cara pembuatan dan komposisi yang berbeda, sehingga menghasilkan efek yang berbeda.

Respon tubuh setiap individu juga berbeda-beda. Saat memilih minuman berkolagen perlu diperhatikan dosis kolagen dalam produk tersebut dan rentan waktu pemakaiannya, agar mengetahui apakah produk tersebut memberikan efek atau tidak.

Reporter: Nining Melani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini