Apa Aja Sih Jenis Narkoba Golongan I, Selain Sabu yang Dipakai Nunung?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Belakangan ini, sedang marak artis menggunakan narkoba jenis sabu sampai ganja, seperti yang menjerat Nunung dan Jefri Nichol.

Terlepas dari kasus yang menjerat para artis tersebut, kalian wajib tahu bahwa sabu dan ganja termasuk dalam narkoba golongan I (satu). Golongan ini banyak macamnya, bahkan disebut sampai 65 jenis. Ya, tentu saja, ada golongan selanjutnya yakni II dan III.

Golongan narkoba ini juga dijelaskan kok dalam UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Tapi, kali ini Mata Indonesia News coba menyajikan beberapa jenis narkoba khusus yang populer dan termasuk golongan I. Apa saja? Yuk simak!

1. Opium

Ilustrasi bunga opium. (iStock)
Ilustrasi bunga opium. (iStock)

 

Opium adalah getah yang berasal dari tanaman papaver somniferum. Jenis opium yang tergolong narkoba adalah opium mentah dan masak. Khusus opium mentah, biasanya tidak memperhatikan kadar morfinnya. Opium mentah dibagi menjadi tiga jenis, yakni candu, jicing dan jicingko.

2. Kokain

Ilustrasi Heroin.
Ilustrasi Heroin.

 

Kokain berasal dari tumnbuhan erythroxyon coca yang menghasilkan senyawa alkaloid. Nah, kokain didapat dari senyawa sintetis alkaloid sehingga menimbulkan zat adiktif. Efek narkoba ini biasa seperti pupil mata membesar, euphoria semu, mudah cemas, paranoid, dan parahnya bisa merusak paru-paru.

3. Heroin

Ilustrasi Kokain.
Ilustrasi Kokain.

 

Heroin adalah senyawa semi sintesis yang berbentuk fisik serbuk putih dengan rasa pahit. Narkoba ini dihasilkan dari sintesis morfin, yakni senyawa alkaloid analgesik yang bereaksi kuat pada sistem saraf pusat. Biasanya kokain dipakai untuk menghilangkan rasa lesu, kantuk, nyeri dan untuk memunculkan perasaan bahagia.

4. Tanaman Papaver Somniferum

Ilustrasi bunga Papaver Somniferum. (AFP)
Ilustrasi bunga Papaver Somniferum. (AFP)

 

Papaver somniferum adalah tanaman yang populer dengan nama ‘poppy’, hasil dari teknik kultur jaringan. Menurut UU Nomor 35 Tahun 2009, bagian papaver somniferum yang tergolong narkoba adalah semuanya, kecuali biji.

5. Tanaman Koka Bergenus Erythroxyon

Ilustrasi daun Koka. (Wikipedia)
Ilustrasi daun Koka. (Wikipedia)

 

Berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini secara fisik berbentuk semak duri hitam dengan ketinggian 2 sampai 3 meter. Menurut UU Nomor 35 Tahun 2009, bagian tanaman ini yang merupakan narkoba adalah semuanya, termasuk bunga dan bijinya. Kalau mau merasakan efek mabuk, tanaman ini disebut yang paling cocok.

Nah, itu tadi beberapa jenis narkoba golongan I yang cukup populer, selain sabu dan ganja. Narkoba golongan I umumnya atau kebanyakan adalah jenis tanaman, atau zat sitesis tanaman tersebut.

Sementara golongan II, contohnya seperti morfin dan pertidin. Sementara golongan III salah satu contohnya adalah kodein.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini