MATA INDONESIA, JAKARTA – Liburan akhir pekan setelah tugas kuliah dan sekolah yang cukup padat adalah menonton film. Kali ini Disney Plus menghadirkan Film Soul dari Pixar sebagai tontonan akhir pekan.

Film animasi ini menarik karena kisah yang tidak biasa.  Bercerita tentang guru musik sekolah menengah bernama Joe yang bercita-cita menjadi musisi Jazz. Siapa sangka, film Soul ini mendapatkan dua penghargaan Golden Globe untuk kategori Best Motion Picture-Animated dan Best Original Score.

Ini merupakan kesembilan dari studio animasi yang berbasis di Emeryville. Namun, film Soul tersebut tampaknya membuat sejarah baru. Film ini merupakan kemenangan pertama dari film yang ditayangkan perdana pada platform Disney Plus, dan film pertama dari Pixar yang menampilkan protagonis kulit hitam yang mendapatkan penghargaan. Apalagi, sedang banyak kontroversi baru-baru ini tentang kurangnya anggota pemilih Asosiasi Pers Asing Hollywood yang berkulit hitam.

“Membuat film tentang jazz akan mengajari banyak hal tentang kehidupan. Kami tidak selalu dapat mengontrol apa yang terjadi di dunia, tetapi seperti musisi jazz yang baik, kami dapat mencoba untuk mengubah dua menjadi lebih indah,” ujar sutradara Film Soul, Pete Docter.

Pada beberapa adegan yang paling menonjol di Film Soul yang dibintangi oleh Jamie Foxx sebagai Joe dan Daveed Diggs sebagai Paul, terinspirasi dari toko jahit Barkeley, Advanced European Tailoring. Toko tersebut telah dimiliki dan dioperasikan oleh Zoltan Hajnal dan istrinya Puje Dorjsuren selama lebih dari dua dekade.

Film Soul mampu menceritakan kisah yang mengeksplorasikan makna kehidupan melalui pengalaman dari seorang pria berkulit hitam. Menurut Docter ini merupakat sebuah kehormatan khusus untuknya. Meski, detail ceritanya spesifik. Cerita dari film tersebut bersifat universal, banyak dari para penonton yang merasa alur filmnya begitu mengalir.

Ilustrasi mimpi (pixabay)

Yang lebih menarik lagi, film Soul ini juga melibatkan animator asal Indonesia, Paulie Alam. Paulie telah bergabung dengan Pixar sejak tahun 2017 dan telah terlibat penggarapan film produksi Pixar lainnya, seperti Coco (2019), Toy Story 4 (2019), dan Onward (2020).

Film tersebut diputar perdana secara virtual pada 25 Desember 2020 di Disney plus Hotstar lalu. Secara lengkapnya, film ini berkisah tentang guru musik di sekolah Joe Gardner yang memiliki impian menjadi musisi jazz. Sayangnya, saat mimpinya hampir tercapai, Joe justru mengalami kecelakaan hingga mengalami koma. Jiwanya terlempar ke dunia roh.  Karena merasa masih belum mencapai impiannya, Joe kemudian berjuang untuk dapat kembali ke dunia sebelum tubuhnya benar-benar mati.

Reporter : Anggita Ayu Pratiwi

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here