MINEWS, JAKARTA-Rasa ngantuk memang datang kapan dan dimana saja. Tak terkecuali datang saat jam kerja, padahal sedang numpuk dan rapat dengan atasan.

Pengennya tidur sebentar, karena kalau tidak ditidurin bakal pusing dan ga bakal konsentrasi ngerjaain kerjaan. Nah bagaimana cara mengantasi kantuk saat bekerja.

Berikut tips biar kamu sukses lewati rasa kantuk saat bekerja:

1. Malam harinya jangan bergadang

Alasan paling sering bikin kamu ngantuk di jam kerja karena kamu malam harinya tidak istirahat dengan cukup. Bisa jadi karena kamu insomnia, bergadang ataupun memang ada suatu hal yang membuatmu tidak bisa istirahat.

Disini kamu melawan itu dan usahakan tidur cepat atau istirahat yang cukup agar siangnyanya tidak mengantuk.

2. Jangan sarapan dengan yang ‘berat’

Ngantuk di saat bekerja bisa saja kamu alami walaupun sudah tidur cukup malam harinya.

Cek deh apa yang kamu jadikan sarapan di pagi hari. Menjadikan makanan cepat saji atau penuh karbo bisa membuat kamu malah jadi ngantuk beberapa jam setelahnya.

3. Olahraga pagi biar nggak cepat ngantuk

Cara mengatasi ngantuk dengan berolahraga di pagi hari. Cara itu bisa dijadikan andalan kamu buat menghalau rasa ngantuk yang melanda padahal kerjaan sedang numpuk. Manfaat berlipat bisa kamu rasakan selain badan jadi segar, lemak-lemak dalam tubuh yang bikin berat badan berlebih juga terbakar.

4. Minum air putih saat merasa ngantuk

Rasa ngantuk bisa disebabkan karena otak dan tubuh kekurangan cairan. Cobalah konsumsi air putih sesuai yang disarankan yaitu delapan gelas per hari.

5. Mengunyah permen karet

Buatlah wajah kamu beraktivitas dengan cara sibukkan mulut mengunyah permen karet. Ngantuk bakal hilang.

6. Menyeduh kopi

Kafein dalam kopi memang bisa menghalau rasa kantuk karena kafein merangsang produksi adrenalin dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh akan senantiasa menjadi ‘bersemangat’.

7. Dengarkan musik

Biasanya musik-musik upbeat bisa memompa semangat dan menghalau rasa kantuk. Jadi cobalah tips ini dengan memutar musik-musik remix atau upbeat lainnya.

8. Mengerjakan pekerjaan yang penting dahulu

Kalau rasa ngantukmu mulai muncul, langsung ambil tindakan antisipasi dengan cara mengerjakan pekerjaan yang penting terlebih dahulu. Jadi ketika kamu melakukan tindakan di luar batas karena rasa ngantuk ini semua pekerjaan telah selesai.

9. Tidurlah sebentar saat jam istirahat

Manfaatkan waktu istirahat kamu dengan tidur sebentar agar ketika bangun nanti merasa sedikit lebih segar untuk kembali bekerja.