Ameer Azzikra Meninggal Dunia Akibat Liver, Penyakit yang Tak Boleh Dianggap Sepele

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar duka kembali menghampiri. Putra almarhum, Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra meninggal dunia pada Senin (29/11/2021) dini hari WIB. Sebelum tutup usia, Ameer Azzikra dikabarkan kritis dan sempat dirawat di rumah sakit.

Hal ini dikabarkan oleh sang kakak, Alvin Faiz. “Khoir insyaAllah @ameer_azzikra, adikku sayang sembuh insya Allah bismillah mohon doanya ya, kondisi Amer sedang kritis,” tulis Alvin melalui akun Instagram-nya.

Nadzira Shafa, istri Ameer Azzikra, sebelumnya juga turut membagikan kondisi mendiang suaminya.  “Hari ini bang amer masuk ruang ICU, perasaan aku campur aduk linglung, sakit banget liatnya,” ujar Nadzhira Shafa.

Putra kedua dari pemilik Yayasan Az Zikra ini meninggal pada usia 20 tahun akibat penyakit liver yang dideritanya. Lantas, bagaimana bahaya dari penyakit liver hingga dapat merenggut nyawa penderitanya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu penyakit liver?

Penyakit liver adalah setiap gangguan fungsi hati yang menyebabkan penyakit. Hati bertanggung jawab untuk banyak fungsi penting dalam tubuh dan jika menjadi sakit atau terluka, hilangnya fungsi tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada tubuh.

Penyakit liver adalah istilah luas yang mencakup semua masalah potensial yang menyebabkan hati gagal menjalankan fungsinya yang ditentukan. Biasanya, lebih dari 75 persen atau tiga perempat jaringan hati terpengaruh sebelum terjadi penurunan fungsi.

Hati adalah organ padat terbesar dalam tubuh; dan juga dianggap sebagai kelenjar karena di antara banyak fungsinya, ia membuat dan mengeluarkan empedu. Hati terletak di bagian kanan atas perut yang dilindungi oleh tulang rusuk. Ini memiliki dua lobus utama yang terdiri dari lobulus kecil. Sel-sel hati memiliki dua sumber suplai darah yang berbeda. Arteri hepatik memasok darah kaya oksigen yang dipompa dari jantung, sedangkan vena portal memasok nutrisi dari usus dan limpa.

Biasanya, vena mengembalikan darah dari tubuh ke jantung, tetapi vena portal memungkinkan nutrisi dan bahan kimia dari saluran pencernaan masuk ke hati untuk diproses dan disaring sebelum memasuki sirkulasi umum. Vena portal juga secara efisien mengirimkan bahan kimia dan protein yang dibutuhkan sel hati untuk memproduksi protein, kolesterol, dan glikogen yang diperlukan untuk aktivitas tubuh normal.

Apa penyebab penyakit liver?

Banyak penyakit dan kondisi yang dapat mempengaruhi hati, misalnya, obat-obatan tertentu seperti asetaminofen, dan obat kombinasi asetaminofen seperti Vicodin dan Norco, serta statin, sirosis, penyalahgunaan alkohol, hepatitis A, B, C, D, dan E, mononukleosis menular (virus Epstein Barr), penyakit liver berlemak nonalkohol (NASH), dan kelebihan zat besi (hemokromatosis).

Apa saja tanda dan gejala penyakit liver?

Gejala penyakit liver termasuk kelemahan dan kelelahan, penurunan berat badan, mual, muntah, dan perubahan warna kuning pada kulit (jaundice).

Apa fungsi hati?

Sebagai bagian dari fungsinya, hati membuat empedu, cairan yang antara lain mengandung zat, air, bahan kimia, dan asam empedu (terbuat dari kolesterol yang tersimpan di hati). Empedu disimpan di kantong empedu dan ketika makanan memasuki duodenum (bagian pertama dari usus kecil), empedu disekresikan ke dalam duodenum, untuk membantu pencernaan makanan.

Hati adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat dengan mudah menggantikan sel-sel yang rusak, tetapi jika cukup banyak sel yang hilang, hati mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Hati dapat dianggap sebagai pabrik, dan di antara banyak fungsinya meliputi:

  • Produksi empedu yang diperlukan dalam pencernaan makanan, khususnya lemak
  • Menyimpan glukosa atau gula ekstra sebagai glikogen, dan kemudian mengubahnya kembali menjadi glukosa ketika tubuh membutuhkannya untuk energi
  • Produksi faktor pembekuan darah
  • Produksi asam amino (bahan pembangun untuk membuat protein), termasuk yang digunakan untuk membantu melawan infeksi
  • Pemrosesan dan penyimpanan zat besi yang diperlukan untuk produksi sel darah merah
  • Pembuatan kolesterol dan bahan kimia lain yang diperlukan untuk transportasi lemak
  • Konversi produk limbah metabolisme tubuh menjadi urea yang diekskresikan dalam urin
  • Metabolisme obat menjadi bahan aktifnya di dalam tubuh
  • Sirosis adalah istilah yang menggambarkan jaringan parut permanen pada hati. Pada sirosis, sel-sel hati yang normal digantikan oleh jaringan parut yang tidak dapat melakukan fungsi hati apa pun.

Gagal hati akut mungkin reversibel atau tidak, yang berarti bahwa kadang-kadang, ada penyebab yang dapat diobati dan hati mungkin dapat pulih dan melanjutkan fungsi normalnya.

Kapan Anda harus menghubungi dokter Anda untuk penyakit liver?

Seringkali, timbulnya penyakit hati secara bertahap dan tidak ada gejala khusus jarang membawa penderitanya mencari perawatan medis. Kelelahan, kelemahan, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan harus mendorong kunjungan untuk perawatan medis. Penyakit kuning atau kulit kuning tidak pernah normal dan harus segera dievaluasi oleh profesional perawatan kesehatan. Demam terus-menerus, muntah, dan sakit perut juga harus meminta perawatan medis sesegera mungkin.

Overdosis asetaminofen atau Tylenol, baik disengaja atau tidak disengaja, dapat menyebabkan gagal hati akut. Perawatan  dan pengobatan darurat diperlukan. Penangkal untuk melindungi hati dapat diberikan, tetapi hanya efektif bila digunakan dalam beberapa jam. Tanpa intervensi ini, overdosis asetaminofen dapat menyebabkan gagal hati. Gejala hanya terjadi setelah potensi kerusakan hati terjadi.

Apa saja faktor risiko penyakit liver?

Beberapa penyakit liver berpotensi dapat dicegah dan dikaitkan dengan pilihan gaya hidup. Penyakit liver terkait alkohol disebabkan oleh konsumsi berlebihan dan merupakan penyebab paling umum penyakit liver yang dapat dicegah.

  • Hepatitis B adalah infeksi virus yang paling sering menyebar melalui pertukaran cairan tubuh (misalnya, hubungan seksual tanpa pengaman, berbagi peralatan suntik obat yang tidak steril, menggunakan peralatan yang tidak steril untuk tato atau tindik badan).
  • Penyakit liver herediter dapat diturunkan secara genetik dari generasi ke generasi. Contohnya termasuk penyakit Wilson (kelainan metabolisme tembaga) dan hemochromatosis (kelebihan zat besi).
  • Paparan bahan kimia dapat merusak hati dengan mengiritasi sel-sel hati yang mengakibatkan peradangan (hepatitis), mengurangi aliran empedu melalui hati (kolestasis), akumulasi trigliserida (steatosis). Bahan kimia seperti steroid anabolik, vinil klorida, dan karbon tetraklorida dapat menyebabkan kanker hati.
  • Overdosis asetaminofen (Tylenol) adalah penyebab umum gagal hati. Penting untuk meninjau pedoman dosis untuk semua obat yang dijual bebas dan untuk meminta panduan dari ahli kesehatan atau apoteker tentang berapa banyak obat yang dapat diminum dengan aman. Meskipun obat bebas relatif aman, obat tersebut dapat menyebabkan komplikasi secara langsung atau sebagai interaksi dengan obat resep.
  • Obat-obatan dapat mengiritasi pembuluh darah hati yang menyebabkan penyempitan atau pembentukan bekuan darah (trombosis). Pil KB dapat menyebabkan trombosis vena hepatik, terutama pada perokok.

 

Reporter: Sheila Permatasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini