Aman! 7 Jenis Olahraga Ini Cocok untuk Lansia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Olahraga tidak hanya penting dilakukan saat masih muda. Orang dengan golongan lanjut usia juga dianjurkan tetap melakukan olahraga.

Tentunya olahraga yang dilakukan memiliki porsi dan jenis latihan tersendiri. Aktifitas fisik ini dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

Dilansir dari The Sydney Morning Herald, terdapat sebuah studi yang dilakukan terhadap lebih dari sejuta lansia. Studi itu menemukan bahwa orang yang mulai berolahraga lagi setelah lama tidak berolahraga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kardiovaskular sebanyak 11 persen dibanding orang yang tidak aktif.

Perlu diingat, olahraga yang dilakukan jangan terlalu berat hingga membahayakan bahkan mengancam jiwa. Kuncinya adalah berhenti dan beristirahat ketika sudah terlalu lelah.

Berikut adalah beberapa olahraga yang dianjurkan untuk lansia:

1. Berjalan

Untuk usia lansia, berjalan kaki tanpa berhenti selama 30 menit bisa menjadi pilihan. Jangan terlalu dipaksakan karena Anda bisa mengatur kecepatannya sesuai kemampuan. Bila sudah lelah, perlambat kecepatan jalan kaki Anda.

2. Berenang

Olahraga air ini sangat baik untuk kesehatan lansia. Aktifitas ini tidak membebani tulang dan sendi yang sudah melemah akibat penuaan. Selain itu, berenang juga menjadi olahraga yang menyenangkan karena dapat dilakukan di dalam atau luar ruangan.

3. Bersepeda

Usai yang sudah tak muda lagi membuat kemampuan untuk mengayuh juga berkurang. Pastikan lalukan olahraga tersebut sesuai dengan kemampuan fisik, kecepatan bersepeda dapat diatur sesuai keinginan. Bersepeda juga dapat dilakukan di rumah dengan sepeda statis.

4. Golf

Golf yang dilakukan di lapangan rumput luas bisa memberikan udara segar bagi pemainnya. Lalu, olahraga ini juga baik untuk kesehatan tubuh karena banyak melibatkan jalan kaki. Hebatnya lagi, golf pun bermanfaat untuk melatih otak.

5. Yoga atau Taichi

Sua olahraga ini juga dapat membantu merelaksasikan tubuh sehingga baik untuk kesehatan. Gak hanya sendirian, yoga dan taichi dapat dilakukan bersama-sama dalam grup. Manfaat lainnya adalah dapat membangun hubungan sosial yang baik.

6. Stretching

Stretching atau peregangan sebaiknya dilakukan setiap hari guna menjaga otot tetap dalam kondisi prima. Pastikan untuk melakukan peregangan otot seperti di bagian leher, punggung, dada, perut, lengan, paha dan betis.

7. Senam

Senam adalah jenis olahraga yang sudah tidak asing lagi di kalangan lansia. Olarha ini melibatkan seluruh beban tubuh. Senam juga merupakan latihan yang bagus untuk melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh.

Terapkan gaya hidup sehat meski usia sudah tak muda lagi!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini