Alasan Kamu Melihat Diri Sendiri Berbeda Dibandingkan Orang Lain

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak dari Kalian yang pastinya pernah salah menilai orang lain. Saat bertemu seseorang, ternyata orang tersebut berbeda dari apa yang Kamu lihat di media sosial.

Terkadang kita pun penasaran bagaimana orang lain menilai diri kita sendiri. Dilansir dari BrightSide, ada faktor lain yang memengaruhi cara berpikir kita dan cara orang lain melihat kita.

Berikut alasan mengapa penampilan kami terlihat berbeda bagi orang lain:

1. Cermin tidak akan memberikan cerminan sejati Kamu.

Saat Kamu bercermin, siapa yang Kamu lihat? Bukan orang yang dilihat orang lain, karena pantulan kita di cermin dibalik oleh otak kita. Angkat tangan kiri Kamu, dan orang di cermin mengangkat tangan kanannya. Dari cara kita membelah rambut hingga cara kita tersenyum, wajah kita tidak simetris. Gambar yang kita lihat melihat kita dari cermin bukanlah wajah yang kita tunjukkan kepada dunia, kiri dan kanan terbalik.

2. Filter dan sudut foto dapat menampilkan penampilan Kamu secara berbeda.

Fotografer berpengalaman mengatakan bahwa kamera sering mengubah penampilan kita dan dapat mengubahnya menjadi lebih baik atau lebih buruk, seperti saat melakukan selfie. Anehnya, otak kita bekerja seperti Photoshop. Mata kita, dengan bantuan dari otak kita, secara otomatis menyesuaikan dengan kegelapan dan kecerahan.

Kamera tidak sehebat itu karena bisa disesuaikan untuk fokus pada sorotan atau bayangan, tetapi tidak pernah keduanya sekaligus. Inilah sebabnya mengapa kamera tidak akan pernah bisa “melihat” penampilan Kamu yang sebenarnya dan mencerminkannya seperti yang dilihat oleh mata orang lain.

Mata kita “memotong” detail yang tidak perlu saat melihat seseorang di kehidupan nyata, dan inilah mengapa orang di sekitar kita melihat kita secara lebih detail, sedangkan gambar kita di foto diubah oleh detail yang ada di foto. Dan karena detail ini, gambar kita mungkin terlihat tidak menarik meskipun kita cantik di kehidupan nyata.

3. Itu tergantung pada bagaimana orang lain melihat diri mereka sendiri juga.

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa orang yang tidak menarik melebih-lebihkan daya tarik mereka jika dibandingkan dengan orang asing. Sisi lain dari koin adalah bahwa orang yang menarik biasanya tidak menyadari pesona fisik mereka dan meremehkannya.

Fakta lainnya adalah bahwa orang yang menarik membandingkan diri mereka dengan orang menarik lainnya, dan orang yang tidak menarik mengambil harga diri mereka dari orang yang tidak menarik. Jadi, penglihatan kita tentang diri kita sendiri mungkin dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita, karena cara kita membandingkan penampilan kita dengan mereka.

4. Kamu membandingkan diri Kamu dengan tidak adil.

Meskipun membandingkan mungkin merupakan dorongan alami, dalam beberapa kasus, hal itu memicu kepercayaan diri dan motivasi. Dalam kasus lain, hal itu tidak membantu kami. Membandingkan diri sendiri berarti Kamu bergumul dengan rasa tidak aman yang dapat memberikan gambaran berbeda tentang penampilan atau kehidupan Kamu.

5. Rasa takut bisa mengaburkan persepsi Kamu.

Rasa takut dapat memperkuat persepsi. Kecemasan dapat menargetkan ketidakamanan Kamu dan meningkatkannya dan Kamu akan terlihat seperti mencari ancaman. Misalnya, jika Kamu takut mulai menunjukkan kerutan meskipun Kamu masih muda, Kamu mungkin akan melihatnya saat bercermin.

6. Perubahan gaya hidup Kamu dapat memengaruhi cara Kamu memKamung diri sendiri.

Perubahan suasana hati, kurang tidur, ketidakseimbangan hormon, pola makan yang buruk, dan perubahan atau kondisi mental dan fisik lainnya dapat memengaruhi persepsi diri Kamu. Mari kita ambil contoh berenergi rendah. Ketika Kamu merasa lelah, Kamu mungkin tidak tersenyum dan ini berarti Kamu kurang gairah. Jadi, karena orang seperti cermin dan mencerminkan apa yang Kamu proyeksikan, Kamu tidak akan dikenali seperti yang Kamu lihat sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini