Alami Stress Selama Pandemi? Inilah Tipsnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selama setahun lebih kita berdiam diri di rumah karena pandemi ini. Beberapa ada yang alami stress karena kehilangan pekerjaan, kehilangan anggota keluarga, dan turunnya omset bisnis.

Bahkan ada yang terganggu kesehatan mentalnya karena gak biasa dengan perubahan lingkungan seperti sekarang ini. Hingga menimbulkan ketakutan dan rasa cemas berlebih pada diri sendiri.

Berikut tips atasi stress dan cara mengendalikan kesehatan mentalmu dikutip dari Healthline :

1. Buatlah rutinitas

Buatlah jadwal rutinitas keseharianmu dan konsisten dalam menjalaninya. Rutinitas sangatlah penting dalam mengelola kesehatan fisik dan mental.

2. Makan makanan sehat

Makanan sehat itu penting untuk metabolisme tubuh agar fisik dan mental kita tetap terjaga. Makanlah buah-buahan dan sayuran serta hindari lemak dan gula tinggi.

3. Olahraga

Karena masih pandemi gini mungkin sulit untuk pergi ke tempat gym. Mungkin beberapa tempat udah buka namun dengan keterbatasan pengunjung. Kalian bisa coba olahraga yoga melalui virtual tanpa harus keluar rumah. Ini akan membantumu meningkatkan suasana hati.

4. Baca buku dan buat daftar musik kesukaan

Membaca buku adalah healing terbaik untuk sebagian orang. Ada juga yang senang mendengarkan musik untuk membangkitkan semangat.

5. Bangun koneksi

Salah satu kekhawatiran terbesar adalah ketika kita sedang isolasi mandiri. Bahkan kecemasan berlebih pun datang saat kita menyendiri. Jangan khawatir lagi ya gaes, sekarang teknologi udah maju. Kamu akan tetap terhubung dengan keluarga dan teman-temanmu melalui media sosial, telepon, dan panggilan video.

6. Jangan abaikan kesehatan rohani

Selain itu kalian jangan sampai abaikan kesehatan rohani kalian juga ya. Ini justru hal utama yang harus diterapkan pada saat-saat seperti ini.

Jika butuh bantuan medis segeralah temui dokter. Saat ini kalian akan tetap bisa terhubung dengan siapa pun melalui virtual.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini