Akupuntur, Teknik Pengobatan Tradisional Kaya Manfaat, Tertarik?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Metode tusuk jarum atau lebih dikenal dengan sebutan akupuntur adalah teknik kesehatan holistik yang dilakukan oleh para ahli dengan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit guna merangsang titik-titik tertentu pada tubuh.

Teknik akupuntur merupakan teknik pengobatan tradisional asal Cina. Teknik ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan diyakini dapat mengobati berbagai macam penyakit. Terdapat beberapa versi akupuntur, seperti acu-pressure (dipijat), moksibasi (pembakaran) dan aquapuntur (suntikan air).

Jarum yang digunakan pada akupuntur pun terbuat dari baja tipis bersifat anti karat. Saat ini penggunaan jarum akupuntur masih diterapkan untuk semua umur.

Sejak 1978, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan teknik pengobatan akupuntur dalam pelayanan kesehatan seperti klinik ataupun rumah sakit di samping pengobatan kedokteran.

Berikut ini beberapa manfaat dari teknik akupuntur, yaitu:

  1. Akupuntur dapat mengurangi rasa nyeri akibat sakit kepala kronis. Dalam sebuah penelitian terkait, akupuntur dinilai mampu mengurangi gangguan migrain, tegang pada kepala, dan berbagai sakit pada bagian kepala lainnya. Akupuntur juga dianggap lebih efektif dibandingan dengan mengkonsumsi obat-obatan penghilang atau pereda nyeri.
  2. Tahun 2009, Beijing University of Chinese Medicine melakukan penelitian dan hasilnya menunjukkan bahwa pasien pengidap insomnia yang mengkonsumsi obat, jamu, dan dibantu dengan akupuntur menunjukkan perubahan yang baik dibandingkan dengan pasien yang hanya mengkonsumsi obat dan jamu saja.
  3. Akupuntur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan setelah terkena kanker. Sebuah uji coba acak yang dilakukan oleh National Cancer Institute menunjukkan bahwa pengobatan akupuntur dapat meningkatkan imunitas, menambah jumlah trombosit dalam tubuh, dan mencegah penurunan sel-sel sehat setelah melakukan kemoterapi.
  4. Akupuntur direkomendasikan oleh sebagian dokter sebagai pengobatan untuk mengurangi stress, meringankan kecemasan, dan rasa sakit dari kehamilan serta pasca melahirkan. Teknik pengobatan akupuntur juga dapat digunakan sebelum bayi lahir sehingga memudahkan prosesi melahirkan.

Akupuntur sudah mulai terkenal di kalangan masyarakat, hal ini dapat dilihat dengan mulai berdirinya berbagai klinik akupuntur dan akupuntur medis di rumah sakit. Akupuntur juga cukup aman jika dilakukan oleh ahli dan dokter yang sudah terlatih.

Akupuntur jarang menimbulkan efek samping bagi tubuh. Jika terjadi efek samping, maka biasanya itu berlangsung sebentar dan gejalanya ringan. Beberapa efek ringan yang akan muncul biasanya seperti nyeri, memar, pusing dan pendarahan kecil pada bekas tusukan jarum akupuntur.

Reporter : Shafira Annisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini