Akun Facebook Dibajak? Ini Solusi Memulihkannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menyandang status sebagai media sosial yang populer digunakan oleh masyarakat dunia membuat Facebook semakin rentan terhadap peretasan. Beberapa pemilik akun yang ternyata belum menyadari tanda bahwa akun Facebook miliknya mengalami peretasan atau dibajak.

Facebook melalui situs resminya sudah mengungkapkan terdapat lima ciri akun yang mengalami pembajakan. Terdapat beberapa tanda yaitu email atau kata sandi yang telah berubah, nama dan tanggal lahir yang berubah, permintaan pertemanan dikirim ke orang yang tidak dikenal, akun juga mengirim pesan yang tidak Anda tulis serta terdapat postingan yang tidak dibuat pribadi.

Melihat kondisi ini, Anda bisa mengikuti lima langkah solusi ini untuk memulihkan akun facebook yang telah dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pertama, apabila menemukan kendala seperti tidak bisa masuk atau login kea kun Facebook karena di-hack, upaya pengecekan email bisa menjadi solusi. Adapun facebook akan mengirimkan email jika terdapat aktivitas mencurigakan di akun Anda. Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mengklik bagian ‘Lupa kata sandi’.

Kedua, jika akun terkena hack, pemiliknya bisa bergegas mengganti kata sandi supaya akun tidak bisa dibobol hacker. Maka, sebaiknya menggunakan kriteria sandi yang aman seperti mudah diingat, berbeda dengan kata sandi lain yang digunakan untuk login ke akun lain. Selain itu, kata sandi yang lebih panjang juga umumnya lebih aman terlebih jika tidak memasukkan unsur nomor telepon, dan tanggal lahir.

Ketiga, Anda bisa memulihkan akun dengan mengunjungi https://www.facebook.com/login/identify. Melalui cara ini, Anda bisa mencari akun berdasarkan nama, email atau nomor telepon.

Keempat, cara yang bisa dilakukan bisa dengan meminta keluarga membuka akun Facebook Anda. Langkah selanjutnya bisa dengan mengklik ikon tiga titik vertikal di bawah profil dan pilih opsi ‘cari dukungan atau laporkan profil’. Kemudian, bisa dengan memilih opsi ‘saya tidak dapat mengakses akun saya’ dan klik ‘selanjutnya’. Setelah tahap ini, pilih opsi ‘Recover this account’, lalu memilih opsi ‘akun ini tidak lagi dapat diakses’.

Terakhir, yakni dengan melaporkan aksi peretasan tersebut kepada Facebook. Caranya dengan mengklik tautan https//www.facebook.com/hacked dan pilih opsi ‘akun saya dibobol’.

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini