Liz Carr

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi seorang aktris, kemampuan akting menjadi hal utama didampingi dengan penampilan yang rupawan. Penampilan mereka dianggap harus selalu sempurna oleh banyak orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa aktris dunia yang ternyata menyandang disabilitas?

Kekurangan yang mereka miliki tidak menjadi halangan untuk mengejar mimpi sebagai bintang yang menghiasi layar perfilman. Lantas, siapa saja segelintir aktris yang menginspirasi tersebut?

1. Marlee Matlin

Marlee Matlin

Aktris asal Amerika Serikat, Marlee Matlin, merupakan seorang tunarungu yang disebabkan oleh kerusakan koklea karena cacat genetik. Dia pertama kali berakting pada usia 7 tahun dan sejak itu telah tampil di banyak film dan acara TV terkenal, seperti Desperate Housewives, The L-Word, ER dan The West Wing.

Dalam sebagian besar perannya, Marlee memainkan karakter tuli. Namun, dalam sebuah drama televisi, ‘Against Her Will: The Carrie Buck Story’, dia memainkan karakter utama sebagai seorang wanita yang bisa mendengar. Berkat perannya itu, dia mendapat nominasi sebagai aktris terbaik.

Marlee memenangkan Academy Awards sebagai Aktris Utama Terbaik untuk film ‘Children of a Lesser God’. Sampai saat ini, dia adalah satu-satunya bintang film tunarungu yang memenangkan penghargaan tersebut.

2. Sudha Chandran

Sudha Chandran

Seorang aktris dan penari asal India, Sudha Chandran, kehilangan kakinya pada usia 16 tahun setelah mengalami kecelakaan lalu lintas. Karena kecelakaan itu, dia harus melakukan pemulihan selama dua tahun dan kembali ke hadapan publik dengan menggunakan kaki palsu.

Sudha memulai kariernya dalam film Mayuri yang menceritakan kisah hidupnya. Dia dianugerahi penghargaan ‘Special Jury Award’ pada tahun 1986 untuk penampilannya. Sejak saat itu, dia tampil di sejumlah film, program televisi, dan kompetisi tari.

Dia paling terkenal di India, di mana kisah hidupnya adalah bagian dari kurikulum untuk anak-anak sekolah dasar, tetapi dia juga telah tampil di seluruh dunia, termasuk Amerika, Inggris, Arab Saudi, dan Yaman.

Liz Carr

Seorang aktris, komedian, dan penyiar asal Inggris, Liz Carr, harus menggunakan kursi roda sejak usia tujuh tahun akibat arthrogryposis multiplex congenita atau diketahui sebagai kondisi langka yang menyerang sendi atau otot. Aktris yang lahir tahun 1972 ini merupakan bagian grup komedi ‘Abnormally Funny People’ yang beranggotakan Tanyalee Davis, Steve Day, Steve Best, Simon Minty, dan Chris McCausland.

Liz mendapatkan peran akting pertamanya dalam drama ‘Mother Courage’ saat menginjak usia 30. Dia kemudian tampil dalam drama lain berjudul ‘Young Vic’.

Pada 2013, Liz mendapatkan peran besar pertamanya sebagai karakter utama, Clarissa Mullery, dalam drama ‘Silent Witness’ yang tayang hingga 2020. Perannya di drama itu membuat kariernya semakin melambung.

Itulah deretan aktris dunia yang membuktikan diri mereka bisa berkarya di kancah perfilman walau menyandang disabilitas. Kisah ketiga aktris di atas semoga bisa menjadi inspirasi kamu dalam menggapai impian.

Reporter: Safira Ginanisa

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here