Akta Kelahiran Hilang? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengurusnya di Dukcapil
Mudahkan masyarakat, kini kk dan akte kelahiran bisa dicetak di kertas HVS

MATA INDONESIA, JAKARTA – Akta kelahiran merupakan dokumen penting yang digunakan sebagai persyaratan birokrasi yang terkait dengan data kependudukan. Namun, seiring berjalannya waktu, musibah bisa saja datang seperti kelalaian, bencana atau pencurian yang berimbas pada kehilangan.

Maka, sebaiknya rencana untuk mengurusnya harus segera dilakukan jika surat penting tersebut hilang. Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk mengurusnya di Dukcapil, yaitu meliputi Surat kehilangan dari kepolisian, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi e-KTP atau kartu identitas anak, Fotokopi akta kelahiran yang hilang (jika ada), serta fotokopi e-KTP orang tua.

Selain pemilik akta, orang tua pemilik akta juga bisa mengurusnya hingga mendapatkan pencetakan ulang akta.

Namun, prosedur dan cara pembuatan akta hilang berbeda di tiap wilayah tergantung dimana diterbitkan. Misalnya Disdukcapil di Kota Semarang, yang alurnya bisa dimulai dengan mengambil antrian online di laman resmi Disdukcapil Kota Semarang.

Membuka e-services.dispendukcapil.kotasemarang.go.id lalu meng-klik ‘Antrian Online’ lalu mengisi identitas seperti NIK, Nomor HP, loket perekaman sesuai dengan domisili atau alamat KTP.

Sementara, jika mengurusnya langsung bisa menuju ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang sudah ditentukan. Petugas akan mengecek kelengkapan berkas di lokasi. Jika lengkap, pemeriksa data akan memberikan tanda tangan sebagai kelengkapan dokumen.

Namun, akta kelahiran juga bisa dicetak secara manual sendiri. Akta kelahiran baru sudah dilengkapi dengan QR Code dan bisa dicetak sendiri di rumah. Caranya dengan mengajukan permohonan pencetakan dokumen di berbagai layanan resmi dinas kependudukan masing-masing daerah.

Permohonan yang sudah diproses ini akan disahkan melalui mekanisme tanda tangan elektronik dalam bentuk kode QR.

 

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here