Agar Puasa Lancar Saat Mudik, Hal Ini Wajib Diperhatikan Saat Sahur

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Tak sedikit orang memilih mudik sambil menjalankan ibadah puasa, artinya perlu ketahanan tubuh yang ekstra agar tetap vit dalam perjalanan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila ingin lancar mudik sekaligus berpuasa terutama saat sahur. Menteri Kesehatan Nila Moeleok menyebut asupan saat sahur harus benar-benar dijaga agar tubuh tidak kekurangan stamina atau dehidrasi yang berisiko mengganggu kesehatan.

Nah, berikut enam hal penting yang harus diperhatikan saat sahur di tengah perjalanan mudik, apa saja?

1. Kecukupan air

Untuk mencegah dehidrasi maka kita harus memenuhi kebutuhan air tubuh dan hal ini mungkin biasa dihadapi saat sahur hari-hari biasa sebelumnya. Namun ketika mudik kesadaran untuk memenuhi kecukupan air jadi lebih penting karena bila kurang atau berlebihan bisa berpengaruh pada kenyamanan perjalanan.

Kurang minum air dapat membuat tubuh dehidrasi yang menurut beberapa ahli dapat menurunkan konsentrasi. Hal ini tentu berbahaya terutama bila seseorang mengemudikan kendaraan.

Sementara bila terlalu banyak minum air maka ginjal secara alami akan berusaha menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan memproduksi ekstra urine.

2. Hindari makanan tinggi lemak

Kementerian Kesehatan RI menyebut agar orang-orang menghindari makanan tinggi lemak dan kalori seperti hidangan bersantan. Tujuannya untuk menjaga stamina agar terjaga selama berkendara.

3. Konsumsi buah kaya air

Bagi yang ingin mudik sambil berpuasa yaitu dengan menyiapkan bekal buah kaya air. Buah jambu atau jeruk baik dan bisa dikonsumsi saat perjalanan.

4. Hindari kopi untuk usir kantuk

Ketika kamu harus sahur di tengah perjalanan mudik dan merasa mengantuk, maka sebaiknya gunakan kesempatan tersebut untuk istirahat. Jangan mengandalkan kopi atau minuman energi lainnya karena tidak bisa menggantikan kebutuhan tidur tubuh.

Selain itu kafein dalam kopi bersifat diuretik sehingga akan menstimulasi tubuh untuk menghasilkan lebih banyak urine. Dampaknya akan terasa saat puasa karena mendorong risiko terjadi masalah kurangnya cairan tubuh.

5. Karbohidrat kompleks, serat dan protein

Menu untuk sahur di tengah perjalanan mudik usahakan mengandung karbohidrat kompleks, serat dan protein. Saran ini sebetulnya berlaku juga untuk puasa sehari-hari namun lebih penting lagi untuk diterapkan kala puasa sambil mudik.

Karbohidrat kompleks seperti pada beras merah, roti gandum, sereal dan oatmeal akan lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga bisa memberikan kita rasa kenyang lebih lama. Begitu juga dengan serat yang biasa ada pada buah dan sayur serta protein dari lauk.

6. Minum obat

Bagi beberapa orang dengan kondisi penyakit tertentu yang harus dikendalikan rutin jangan lupa untuk membawa obat kala mudik dan dikonsumsi saat sahur.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini