manfaat ASI untuk orang dewasa
manfaat ASI untuk orang dewasa (foto istimewa)

MINEWS, JAKARTA-Pemberian susu pada orang dewasa sedang ramai menjadi perbincangan publik. Hal ini dikarenakan salah satu selebriti Indonesia, yaitu Sarwendah. Baru-baru ini dirinya dikabarkan rutin memberikan ASI-nya pada anak angkatnya yang berusia 14 tahun, Bertrand Peto.

Isu inipun menjadi perbincangan ramai khalayak luas. Sejumlah pertanyaan tentang manfaat minum ASI saat sudah dewasa atau sudah besar seperti Bertrand Peto kini menyeruak ke permukaan.

Air Susu Ibu (ASI) dikenal sebagai pembentuk daya tahan tubuh yang baik serta salah satu syarat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi. Namun, bagaimana jika ASI dikonsumsi oleh orang dewasa?

Berikut ada beberapa fakta seputar konsumsi ASI jika dikonsumsi oleh orang dewasa, di antaranya:

  1. Masih Menjadi Kontroversi

Manfaat minum ASI saat sudah dewasa memang masih menjadi kontroversi. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehat, kamu masih bisa melakukan cara lain dengan menjaga pola makan.

  1. Tidak Ada Larangan Minum ASI Bagi Orang Dewasa

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi ASI bagi orang dewasa. Namun, menurut medis tidak ada manfaat bagi tubuh orang dewasa ketika mengonsumsi ASI. Hal ini dikarenakan nutrisi yang terdapat pada ASI tidak lagi memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh orang dewasa.

  1. Mampu Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Human Milk Oligosaccharide (HMO) merupakan kandungan dalam ASI yang tergolong paling solid ketiga setelah laktosa dan lemak. Fungsi HMO untuk memberi makan bakteri yang baik untuk tubuh.

Pada studi terbaru menyebutkan, ada manfaat dari HMO untuk orang dewasa. HMO dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit pada orang dewasa, seperti alergi, gangguan pencernaa, hingga penuaan otak.

Namun, HMO yang diproduksi bebas untuk dikonsumsi orang dewasa sifatnya sintetik yang diformulasikan sedemikian rupa hingga mirip dengan ASI asli.

  1. Tidak Memiliki Banyak Manfaat untuk Orang Dewasa

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan pemberian ASI hanya sampai anak berusia 2 tahun. Hal ini berguna dengan fungsi utama ASI untuk tumbuh kembang anak agar mendapatkan nutrisi yang cukup.

Wajar apabila kebiasaan minum ASI saat sudah dewasa menjadi kontroversi di masyarakat. Pasalnya, hingga saat ini masih belum ada penelitian spesifik yang melaporkan bahwa minum ASI saat dewasa bisa memberikan manfaat sehat.

  1. ASI Dipercaya Membangkitkan Stamina

Sejumlah pria mengatakan ASI bisa menjadi minuman energi baru yang membangkitkan stamina. Para pria tersebut meyakini semua manfaat dari ASI memiliki efek yang sama pada orang dewasa.

Tapi, tren ini membuat para ahli bingung karena ASI dimaksudkan untuk bayi, bukan orang dewasa. Para ahli mengkhawatirkan keamanan ASI dari donor yang tak disaring dengan benar.

“Tapi, belum ada bukti bahwa ASI bisa melindungi orang dewasa,” kata Ahli Gizi di New York, Elisa Zied seperti dilansir Today.