4 Manfaat Utama Santan yang Sering Dilupakan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mengonsumsi santan sering kali dianggap sebagai biang masalah kesehatan, apalagi sampai berlebihan. Santan disebut-sebut sebagai penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh, serta berbagai penyakit lainnya.

Namun, sebenarnya banyak manfaat santan yang terlupakan. Perlu diketahui, santan berasal dari buah kelapa yang kaya khasiat untuk tubuh. Vitamin dan mineralnya tinggi, dan dianggap sebagai solusi untuk orang dengan masalah intoleransi laktosa.

Nah, apa saja manfaat santan bagi kesehatan? Empat di antaranya berikut ini.

1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Asam laurik yang terdapat pada kelapa bersidat antimikrobial dan peradangan, sehingga membantu tubuh membentuk kekebalan yang jauh lebih kuat dari berbagai virus maupun bakteri.

2. Menurunkan Berat Badan

Kandungan Medium Chain Triglycerides (MCTs) pada santan diyakini dapat membantu orang yang tengah program diet penurunan berat badan. Mengutip penelitian yang dirilis di jurnal European Journal of Clinical Nutrition, santan membantu menekan rasa ingin mengonsumsi makanan secara berlebihan.

3. Menyehatkan Jantung

Penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Nutrition and Metabolism menyebut, santan justru dapat menurunkan kolesterol buruk, dan meningkatkan kolesterol baik hingga 18 persen. Efeknya, jantung Anda bisa jadi lebih sehat.

4. Tekanan Darah Stabil

Mineral seperti potassium, sodium, kalsium, dan zat besi pada santan bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini bekerja dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pembuluh darah tetap santai dan bebas dari penyumbatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini