8 Destinasi Wisata Alam Murmer di Blora, Salah Satunya Ada Air Terjun Niagara Versi Mini!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi kamu pecinta travelling, sudah pernah menjelajahi salah satu kabupaten di Indonesia yang satu ini? Bener banget, Blora adalah satu dari 29 kabupaten di Jawa Tengah.

Jika kammu berniat untuk menelusuri keindahan wisata alam Indonesia, Blora bisa menjadi rekomendasi tujuanmu. Di Blora, kamu bisa menikmati cantiknya pesona alam yang dimiliki kabupaten yang didirikan pada 11 Desember 1749 ini.

Penasaran destinasi wisata apa saja yang cantik dan eksostis yang ada di Blora? Yuk, intip rekomendasinya!

1. Goa Terawang

Goa ini akan menambah pengalaman baru yang menarik bagimu, karena Goa Terawang memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjungnya. Nggak hanya memacu adrenalin, tapi kamu juga akan disuguhkan dengan cahaya surgawi di tempat ini.

Cahaya surgawi itu berasalh dari sinar matahari yang masuk melalui celah-celah goa tersebut, sehingga bisa membuatmu terkagum-kagum. Nggak heran kalau goa ini sering banget dijadikan objek foto, karena latarnya yang ciamik banget!

Goa Terawang berlokasi di Kedunguwu Todanan, Area Sawah dan Perkebunan, Kabupaten Todanan, Blora, Jawa Tengah. Belum lagi, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja untuk bisa menikmati keindahan alam Goa Terawan.

2. Kracakan Watu Gong

Bagi kamu yang sangat ingin pergi ke Air Terjun Niagara, nggak perlu jauh-jauh ke Kanada. Di Blora ada air terjun yang menyerupai Niagara, tapi versi ciliknya.
Namanya Kracakan Watu Gong, yang merupakan jeram yang mengalir dan membuat air terjun ini begitu eksotis. Jika airnya sedang deras, air terjun ini bakal lebih mempesona.

Kalau kamu ingin datang ke destinasi wisata satu ini, sebaiknya kamu datang menjelang sore. Karena selain bisa menikmati keindahan air terjun secara alami, kamu juga bisa nambah feeds Instagram kamu dengan mengabadikan foto yang berlatarkan sunset.

Lokasinya ada di Jl. Lap. Terbang, Ngloram, Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Mau tahu harga tiketnya berapa? Gratis tis tis!

3. Air Terjun Masohan

Ada lagi nih, destinasi air yang wajib kamu kunjungi jika sedang berlibur ke Blora. Taoi kamu harus berusaha untuk mencapai air terjun ini, karena letaknya ngumpet, alias tersembunyi.

Di Air Terjun Masohan, kamu bisa menemukan aliran sungai yang terjun dari tebing yang nggak begitu tinggi. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan asri yang serba hijau dan menenangkan. Menarik, sekaligus cocok banget untuk melepas stress.

Destinasi wisata satu ini terletak di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Nggak perlu khawatir untuk keluar banyak uang, karena kamu bisa menikmati pesona Air Terjun Masohan secara gratis!

4. Bukit Kunci

Bukit Kunci ini bisa dibilang baru di Blora. Sama halnya dengan destinasi wisata yang lain, tempat ini menawarkan pemandangan indah dari ketinggian.

Kamu bisa melihat view yang mengesankan yang berlatarkan perbukitan, hutan, dan sawah-sawah yang indah dari sebuah gardu panjang yang berbentuk papan titian. Papan yang colorful itu seakan menambah nilai estetik dan cocok untuk wisatawan milenial.

Disarankan kamu datang di pagi hari, supaya masih bisa menghirup udara segar dan nggak panas-panas banget. Lokasinya ada di Dukuh, Watugunung, Banoan, Jiken, kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tiketnya? Gratis?

5. Sungai Japah

Tertarik untuk berwisata alam sekaligus bersejarah? Nah, kamu bisa banget nih ke Sungai Japah yang ada di Kalinanas!

Kenapa bersejarah? Karena sungai ini adalah salah satu sungai purba di Indonesia. Sungai ini dikelilingi oleh dinding yang nggak biasa, karena terbentuk dari kikisan air sungai yang terjadi selama ratusan tahun.

Air sungainya juga jernih banget, pantas saja Sungai Japah begitu terkenal, karena menawarkan view yang eksotis sekaligus Instagram-able. Lokasi tepatnya ada di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Lagi-lagi, destinasi wisata ini nggak berbayar sama sekali!

6. Bukit Pencu

Wisata alam lain yang menampilkan pemandangan indah dari ketinggian adalah Bukit Pencu. Jika kamu pecinta sunrise, Bukit Pencu bisa jadi destinasi yang pas banget, nih!

Dari puncak bukit, kamu bisa menikmati hamparan hutan jati dan bukit kapur yang luas. Untuk mencapai tempat ini, kamu perlu usaha yang esktra, karena cukup jauh dari pusat kota Blora.

View this post on Instagram

Bukit Pencu Lokasinya berada di sebelah utara desa. Tepatnya masuk wilayah Dukuh Ndono, Desa Gandu, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah Gunung Pencu/Bukit Pencu merupakan salah satu bukit di Pegunungan Kendeng Utara, sebuah perbukitan kapur. Kondisi alamnya masih bagus dan asri. Dari atas kita bisa melihat pemandangan yang menakjubkan cukup membayar 2000 rupiah untuk parkir motor. Tidak ada retribusi lain. Murah kan? Dari tempat parkir, kita tinggal berjalan sekitar 500m untuk mencapai puncak. Lebih mengasyikkan, jika berada di puncak bukit ini pada pagi dan sore hari, karena saat siang hari Blora sangat panas sekali. #ayodolan ke destinasi baru di Blora ini bareng temen2mu, tapi ingat untuk selalu menjaga dan melestarikannya Awesome photo by : @galangputraperdana22 #ayodolanblora #blora #bukitpencu

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Nggak cuma jauh, medannya pun cukup menantang. Tapi yakin deh, sampai sana semua usahamu akan terbayar dengan pemandangan yang memanjakan mata. Datang saja ke kawasan Tegaldowo, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Masuknya nggak mahal kok, cuma Rp 2.000 saja!

7. KDR (Kunduran Distrik Refresh) Park

Bukan Cuma di Banyuwangi, ada De Djawatan Benculuk juga ada versi lainnya di Blora. Namanya Kunduran Distrik Refresh (KDR) Park. Tempatnya sejuk dan teduh banget, karena banyak pepohonan yang diselimuti tumbuhan merambat.

Menyuguhkan nuansa hutan yang oke banget, KDR Park juga menyajikan wahan bermain untuk anak. Jadi nggak perlu takut kalau anak-anak bakal rewel. Ada taman bermain, hingga ATV yang bisa disewa.

Berlokasi di Kunduran, Sambrioto, Blora, Jawa Tengah, dijamin liburanmu bakal asyik banget dengan banyaknya fasilitas wisata, pemandangan indah, dan modal Rp 3.000!

8. Gunung Cengklik

Rekomendasi terakhir adalah Gunung Cengklik, yang terletak di Bicak, Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tempat ini cocok banget untuk kamu yang doyan ngumpulin selfie perjalanan liburanmu, karena Gunung Cungklik menawarkan pemandangan yang oke punya.

Dari ketinggian tertentu, di gardu pandang yang ada di sana, kamu bisa selfie dengan berbagai gaya lengkap dengan view lanskap Blora yang menarik. Selain menarik, destinasi wisata yang pas untuk kamu yang suka wisata outdoor ini juga murah banget, yaitu hanya Rp 5.000 untuk tiket masuknya. (Dinda)

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini