7 Lokasi Syuting Bollywood yang Wajib Kamu Kunjungi ketika di India

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – India tidak hanya dikenal dengan tradisi dan kebudayaannya yang beraneka ragam. India juga dikenal dengan film Bollywood-nya yang mengagumkan.

Lokasi syuting yang digunakan di film Bollywood dalam pengambilan gambar melibatkan keindahan alam India sebagai latar pengganti studio buatan yang kerap digunakan sejak 1960-an, maka tak heran lokasi macam Kashmir, Simla, dan Darjeering menjadi langganan para sineas dalam mengambil gambar.

Peneliti Hudson dan Ritchie (2006) mengatakan bahwa film merupakan media yang sukses untuk pariwisata jika alur cerita dan tempat lokasi film saling berkaitan, karena film dapat memberikan gambaran secara visual dari lokasi film. Hal tersebut memberikan motivasi terhadap penonton untuk mengunjungi dan mencari informasi mengenai lokasi tempat pembuatan film.

Dilansir dari akun Youtube Dayat Malhotra Official, berikut merupakan tempat lokasi syuting film india yang wajib kamu kunjungi ketika di India.

  1. Gulmarg

Gulmarg adalah kota dengan bukit yang dipenuhi salju, dan menjadi salah satu destinasi tempat ski populer di wilayah Kashmir. Film 7 Khoon Maaf, Yeh Jawaani Deewani, Highway, Rockstar dan Haider, menjadikan Gulmarg sebagai tempat lokasi syuting.

  1. Pangong Lake

Danau Pangong atau Pangong Tso adalah sebuah danau endorheic di Himalaya yang terletak di ketinggian sekitar 4350 m (14270 ft) dan memiliki Panjang 134 km (83ml) sehingga danau ini terbentang dari india sampai wilayah otonomi Tibet, Cina.

Pangong Lake di Ladkh India dikenal dengan keindahan luar biasa saat sunrise dan sunset. Danau ini pernah menjadi tempat lokasi syuting film 3 Idiots dan Dil Se.

  1. India Gate

Gerbang India merupakan tugu yang dibuat untuk menghormati jasad para tentara India yang berperang melawan tentara Inggris selama Perang Dunia I. Kemegahan tugu tersebut membuat adegan demi adegan film mengambil gambar di sini seperti Rang De Basanti dan Veer Zaara.

  1. Munnar, Kerala

Sebuah destinasi yang menyajikan hamparan hijau dedaunan yang siap menyejukkan hati siapapun yang berkunjung ke sini. Munnair Estate yang berada di Kerala menjadi salah satu spot favorit film-film Bollywood seperti Chennai Express, Life of PI, dan Nishabd.

  1. The Udaipur Palace

Tempat yang sering dijadikan lokasi foto Pre-wedding ini menampilkan bangunan kerajaan yang tinggi lagi megah, serta tentu saja dengan nilai estetik yang ciamik membuat tempat ini menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi wisatawan tidak terkecuali para sineas yang mengambil gambar di lokasi ini seperti Film Ram Leela yang diperankan oleh Deepika Padukone dan Ranveer Singh.

  1. Fort Aguada, Goa

Sebuah lokasi yang penuh dengan pantai yang indah, gereja-gereja yang bagus, serta air terjun yang mempesona, tempat ini sangat direkomendasikan saat kamu mengunjungi Negeri Hindustan.

Banteng Batu sudah menjadi bagian yang harus kamu kunjungi karena dalam spot ini terdapat beberapa film yang pernah mengambil adegan di sini seperti film Ram Leela, Dil Chahta Hai, Golmaal, Dhoom, dan Honeymoon Travel.

  1. Hadimba Mandir, Manali

Hadimba Mandir, Manali menjadi rekomendasi terakhir yang harus kamu kunjungi ketika di India. Film Henna dan Yeh Jawaani Hai Deewani pernah mengambil gambar di lokasi yang penuh dengan estetik ini. Tak heran mengapa banyak orang yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke kuil yang satu ini.

Reporter: Fifi Zuniarti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini