7 atau 8 Jam, Waktu Ideal untuk Tidur?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak orang meyakini bahwa tidur yang baik berkisar antara 7 hingga 8 jam di malam hari. Tidur yang nyenyak memungkinkan tubuh untuk memperbaiki dan mempersiapkan diri untuk hari berikutnya.

Sebenarnya, tidak ada jam tidur yang ideal. Beberapa orang mungkin membutuhkan lebih dari delapan jam, sementara yang lain mungkin hanya membutuhkan enam jam untuk tidur.

Beberapa lama seseorang membutuhkan waktu untuk tidur?

Melansir Times of India, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Sebab setiap orang memiliki kebutuhan yang bervariasi. Studi menunjukkan bahwa pola tidur dan gangguan tidur bersifat turun-temurun.

Jadi, semua tergantung pada DNA Anda. Di mana Anda dapat beristirahat bahkan setelah enam jam tidur atau mungkin Anda membutuhkan waktu selama sembilan jam untuk merasa lebih energik. Selain itu, beberapa faktor eksternal juga berperan penting.

Siklus menstruasi

Sebelum dan selama siklus menstruasi bulanan, tubuh perempuan mengalami banyak perubahan internal. Kram, perubahan suasana hati, dan kelelahan seringkali membuat Anda sulit tidur atau justru sebaliknya. Pada momen ini biasanya perempuan membutuhkan lebih banyak waktu tidur dari biasanya untuk pulih dan merasa lebih baik.

Perubahan musim

Lingkungan dan suhu eksternal juga dapat mengubah kebutuhan tidur Anda. Perubahan waktu matahari terbenam dan matahari terbit memengaruhi kadar metonim dan waktu Anda mulai mengantuk.

Apabila di daerah Anda, saat matahari terbenam, Anda mungkin tidak akan merasa mengantuk hingga larut malam. Seperti di musim dingin, di mana malam menjadi lebih panjang dan mendapatkan sedikit sinar matahari, yang membuat tubuh merasa lebih lelah. Akhirnya waktu tidur menjadi lebih panjang.

Masalah kesehatan

Kita membutuhkan lebih sedikit istirahat ketika sehat. Tidur membantu pemulihan dan kita lebih membutuhkannya saat melawan infeksi. Faktanya, tidur berlebihan bisa menjadi pertanda bahwa kondisi tubuh Anda sedang tidak sehat.

Bagaimana menentukan waktu tidur ideal

Sekali lagi, masing-masing orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda antara satu dengan lainnya. Kebiasaan sehari-hari, olahraga, kesehatan, jadwal kerja, membuat waktu tidur ideal masing-masing orang berbeda.

Bagaimana perasaan Anda ketika bangun adalah cara terbaik untuk menentukan berapa banyak waktu tidur yang Anda butuhkan. Setelah Anda tidur selama enam jam, kemudian Anda merasa segar, maka itu merupakan pertanda baik. Namun bila tidak, Anda perlu menambah waktu tidur Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini