6 Tanaman Pembersih Udara, Lidah Mertua Hingga Sirih Belanda

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Warga Jakarta perlu waspada dengan kondisi udara belakangan ini. Namun ada cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan udara, salah satunya yakni dengan beberapa jenis tanaman hias.

Selain untuk mempercantik lingkungan, ada jenis tanaman yang bermanfaat untuk membersihkan udara yang tercemar. Sehingga tanaman hias tersebut bisa mengurangi polusi udara.

Lalu apa saja tanaman hias yang berfungsi untuk membersihkan udara, simak ulasan berikut ini:

1. Lidah Mertua

Tanaman dengan nama ilmiah Sansevieria trifasciata ini terkenal sebagai biangnya tanaman hias pembersih udara dalam ruangan karena mampu menyerap berbagai jenis polutan dari udara seperti karbon monoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan dioksin.

Hebatnya lagi, lima hingga enam lembar daun lidah mertua atau snake plant yang dewasa cukup untuk membersihkan udara di ruangan sampai 100 meter kubik. Menurut tradisi bangsa China, meletakkan lidah mertua di sudut ruangan tertentu mendatangkan energi positif dalam bentuk kemakmuran, kepandaian dan panjang umur.

2. Lidah Buaya

Tanaman pembersih udara.
Tanaman pembersih udara.

Sejak dahulu, tanaman yang aslinya berasal dari Arab ini kerap dipergunakan manusia sebagai penyubur rambut dan bahan dasar pembuat kosmetik. Selain itu, tanaman dengan nama ilmiah Aloe vera ini dapat berfungsi sebagai pembersih udara dalam ruangan karena mampu menyerap benzene, formalin dan beberapa jenis bahan kimia lainnya dari udara.

Tanaman ini tak perlu perawatan rumit. Cukup keluarkan dari ruangan secara rutin seminggu atau dua minggu sekali dan disiram untuk membuatnya segar. Tingginya bisa mencapai 90 hingga 100 sentimeter.

3. Sri Rejeki

Tanaman pembersih udara.
Tanaman pembersih udara.

Tanaman ini hidup di kawasan tropis seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan beberapa di kawasan Asia ini memiliki pola daun yang sangat menarik. Selain pola daun yang indah, tanaman ini juga bisa berfungsi mengatasi berbagai polutan.

Caranya, kombinasikan tanaman Sri Rejeki dan Lidah mertua yang sudah dewasa maka akan didapat udara yang bersih dan segar. Tanaman ini juga memiliki efek anti bakteri yang mampu menekan populasi spora jamur yang merugikan sekitar 50 persen.

4. Palem Bambu

Tanaman pembersih udara.
Tanaman pembersih udara.

Tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Selain itu, Palem Bambu juga memiliki kemampuan untuk menyerap limbah udara.

Bahkan, ada pula yang menyebutkan jika ada orang yang tinggal dengan palem bambu memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

5. Spider Plant

Tanaman pembersih udara.
Tanaman pembersih udara.

Tanaman yang memiliki daun yang runcing dan tajam ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara. Selain itu, tanaman ini juga bisa menghilangkan gas beracun dan berbagai polutan.

Oleh karena, sangat disarankan menaruh Spider Plant di dapur yang mana kandungan Karbon Monoksida sangat banyak akibat dari pembakaran kompor.

6. Sirih Belanda

Tanaman pembersih udara.
Tanaman pembersih udara.

Tanaman yang termasuk dalam golongan monokotil ini mampu menyerap racun dan polusi di dalam ruangan. Sirih Belanda sangat efektif menyerap Benzena. Dalam sehari saja, tanaman ini mampu menyerap benzena 54 persen dari total 0.156 ppm.

Kalian cukup menaruh di pot atau wadah yang diisi air. Kemudian bisa kalian taruh atau digantung di tempat yang kalian inginkan.

Jadi, tak hanya mempercantik ruangan saja. Tanaman juga bisa membersihkan menetralkan udara dan efektif menghilangkan racun yang ada di udara.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini