6 Perayaan Tahun Baru di Dunia yang Unik dan Tidak Biasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tahun 2019 bakal segera berakhir. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyambut datangnya malam pergantian tahun. Biasanya, negara-negara di dunia merayakannya dengan pesta kembang api.

Namun, ternyata di beberapa negara ada perayaan yang unik dalam menyambut datangnya tahun baru, apa saja dan seperti apa perayaannya?

  1. Bermain bola api, Skotlandia

Jika anda biasa merayakan tahun baru dengan bermain kembang api atau petasan, pernahkah anda terpikirkan untuk merayakan pergantian tahun ini dengan bermain bola api? Perayaan ini dilakukan di Skotlandia, tepatnya di Stonhaven. Tradisi ini disebut Hogmanay fire festival.

Mendekati waktu tengah malam, seorang akan mengayunkan bola api keatas kepala, lalu menyundulnya ke laut. Namun hal ini hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah terlatih.

Menurut masyarakat Stonhaven, tradisi ini dilambangkan sebagai menyucikan dan mengusir roh-roh jahat agar ditahun yang baru jiwa kembali bersih.

  1. Festival air, Myanmar

Jika di Skotlandia merayakan dengan api, berbeda dengan Myanmar yang merayakannya dengan air. Festival air yang disebut Thingyan Water Festival ini tidak dirayakan saat pergantian tahun seperti perayaan pergantian tahun biasa, melainkan pada pertengahan April.

Untuk tahun 2020, Thingyan Water Festival akan diadakan mulai tanggal 13 April sampai 16 April di Kota Burma, Myanmar. Air dalam festival ini dilambangkan untuk "membersihkan" kesialan dan dosa di tahun sebelumnya serta memulai tahun baru dengan jiwa yang suci.

  1. Melempar bunga putih ke Laut, Brasil

Mengenakan pakaian serba putih dan melempar bunga putih kelautan merupakan persembahan dari masyarakat brasil khususnya penganut kepercayaat Afro-Brasil kepada dewi laut Yemanja.

Tradisi melemparkan bunga putih ini dilakukan untuk menenangkan dewi laut yang dikenal memberkati para ibu dan anak. Selain itu, persembagan kepada Yemanja ini juga dipercaya akan membawa kemakmuran ditahun yang akan datang.

  1. Makan 12 anggur di tengah malam, Spanyol

Tepat di tengah malam pergantian tahun, masyarakat Spanyol melahap 12 anggur, satu anggur dimakan persatu detik. Masing-masing anggur mewakili 1 bulan dari 12 bulan dalam setahun.

Tradisi ini dipercaya akan membawa keberuntungan ditahun baru bagi mereka yang menjalankannya. Namun jika gagal ditengah menjalankannya, dipercaya berakibat buruk. Jika gagal menelan 12 anggur dalam 12 detik, maka dipercaya akan mengundang kesialan.

  1. Menggunakan kostum beruang, Romania

Masyarakat Romania juga memiliki tradisi unik tersendiri untuk merayakan tahun baru. Pada pergantian tahun ini, masyarakat Romania menggunakan kostum beruang dan menari-nari.

Selama perayaan, mereka akan menari dengan kostum beruang dari rumah ke rumah. Tradisi ini dipercaya oleh masyarakat Romania dapat mencegah roh jahat masuk ke dalam rumah mereka.

  1. Memecahkan Piring, Denmark.

Piring yang pecah dipercaya membawa keberuntungan bagi masyarakat Denmark. Itu sebabnya pada perayaaan tahun baru masyarakat Denmark memecahkan piring mereka dan meletakannya di depan rumah orang yang disayang, agar orang tersebut diberi keberuntungan di tahun yang akan datang.

Semakin banyak tumpukan pecahan piring didepan rumah, maka semakin banyak orang yang menyayangi pemilik rumah tersebut. (Anis Fairuz)

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini