6 Lagu K-Pop yang Hits Setelah Lama Rilis

Baca Juga

MATA INDONESIA, SEOUL – Seringkali, saat lagu K-Pop dirilis, lagu tersebut menjadi hits dan viral, baik di dalam maupun luar negeri. Namun, beberapa lagu tidak mengalami lonjakan popularitas hingga beberapa waktu setelah rilis, karena berbagai alasan.

Fenomena ini dikenal dalam bahasa Korea Selatan sebagai “Yeokjoohaeng” yang secara harfiah bermakna mengemudi secara terbalik. Dalam industri musik, kata ini digunakan ketika lagu-lagu lama mendapatkan popularitas di tangga lagu beberapa waktu setelah rilis.

Melansir Soompi, Minggu, 2 Mei 2021, berikut enam lagu K-Pop yang masuk ke tangga lagu setelah menunggu lama usai dirilis dan kemudian viral.

1. EXID – “Up & Down”

Munculnya lagu “up & Down” setelah peringkat awalnya telah menyelamatkan karier EXID. Lagu tersebut harus menunggu waktu yang lama untuk dapat menaiki tangga musik. Meski demikian, lagu ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan acara musik, yakni lima bulan setelah tanggal rilis asli lagu tersebut.

2. IU – “Hold My Hand”

Menjadi lagu pertama yang ditulis dan dikomposisikan oleh IU, “Hold My Hand” mendapat kesuksesan besar saat itu selama rilis awal untuk drama “The Greatest Love” tahun 2011. Setelah 10 tahun kemudian, lagu ini berada di tangga lagu utama Korea Selatan. Hal ini disebabkan oleh penampilan langsung IU di konser tur tahun 2019 yang diunggah di YouTube pada akhir tahun 2020.

3. Oh My Girl – “Dolphin”

Meskipun trek judul adalah yang biasanya menjadi sorotan, terkadang trek sisi-b menyelinap di belakangnya dan mengklaim pengakuan. Begitulah kasus lagu ceria ini yang mengembalikan Oh My Girl ke peta berkat Instagram story yang diposting IU. Solois ini juga merilis cover singkat “Dolphin” yang membawa lagu tersebut masuk kembali ke tangga lagu. Tahun 2020, “Dolphin” adalah lagu b-side dengan charting terpanjang di Gaon Digital Chart Top 10 untuk girl grup.

4. LABOUM – “Journey to Atlantis”

Perjalanan LABOUM dimulai ulang! Meskipun “Journey to Atlantis” selalu dicintai oleh penggemar dan tentara yang bertugas di militer, hal itu tetap tidak diketahui oleh masyarakat umum. Tapi ketika tiba-tiba muncul kembali di tangga musik Korea, itu mengarah pada diskusi tentang girl grup yang melakukan hit yang bangkit kembali ini di acara musik.

5. PENTAGON – “Shine”

Lagu berjudul “Shine” akhirnya menerima perhatian yang pantas didapatkan sebulan setelah rilis aslinya. Bop yang meriah ini akhirnya berhasil masuk ke dalam 100 chart real-time teratas Melon berkat para idola yang mengulangi poin dansa utama “hammer dance”.

6. Brave Girls – “Rollin ‘”

“Rollin ‘” adalah lagu penyelamat karir lainnya yang membuat Brave Girls kembali menjadi sorotan. Empat tahun setelah rilis aslinya, lagu tersebut melejit di berbagai tangga musik Korea berkat video YouTube yang menunjukkan kompilasi dari berbagai penampilan grup tersebut dari lagu tersebut, bersama dengan komentar – kebanyakan ditulis oleh pria yang menyelesaikan wajib militer mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini