6 Jenis Kentut dan Masing-Masing Arti Bagi Kesehatan Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kentut adalah salah satu hal yang paling normal dan alami yang dilakukan tubuh kita.

Ini terkait dengan seberapa baik atau buruk sistem pencernaan kita berfungsi dan dapat mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan kita secara umum.

Gagasan di balik mengapa kentut dianggap lucu atau memalukan masih belum jelas, tetapi satu hal yang harus diketahui orang adalah penting untuk mengeluarkan gas yang tidak perlu atau dapat menyebabkan kembung dan sakit perut yang tidak nyaman.

Selain itu, kentut dapat menunjukkan banyak hal lain yang terjadi di dalam tubuh. Berikut adalah enam jenis kentut yang harus diperhatikan dan apa yang dapat mereka gambarkan tentang kesehatan.

Kentut tidak berbau

Kebanyakan kentut tidak berbau dan menunjukkan bahwa sistem pencernaan sehat. Kentut yang tidak berbau hanya berarti terlalu banyak udara yang menumpuk di dalam tubuh dan sekarang siap untuk keluar dan keluar.

Faktanya, 99 persen kentut terdiri dari gas yang tidak berbau, sedangkan 1 persen sisanya biasanya mengandung belerang.

Kentut sangat bau

Jika kentut mulai berbau, berbau seperti telur busuk, ada sesuatu yang sangat salah dengan sistem pencernaan.

Entah karena intoleransi makanan, makanan berserat tinggi, tinggi sulfur, obat-obatan tertentu dan antibiotik atau bisa lebih serius yaitu infeksi bakteri di saluran pencernaan. Sesuatu yang biasa seperti sembelit juga dapat menyebabkan kentut yang sangat bau.

Sering kentut dan berlebihan

Seperti yang telah dibahas, perut kembung adalah proses biologis yang normal. Sementara beberapa orang kentut hanya beberapa kali sehari, ada juga yang mengalami serangan kentut secara teratur.

Idealnya, kentut dikatakan normal bila melakukannya sekitar 5 hingga 15 kali sehari. Namun, jika lebih sering dan berlebihan, itu bisa menunjukkan hal lain.

Dalam kebanyakan kasus, sering kentut adalah akibat dari minuman berkarbonasi. Soda, cola, minuman keras, bir adalah pelakunya tepatnya.

Ini menyebabkan lebih banyak udara untuk menetap di saluran pencernaan, membuat seseorang kentut lebih sering dari biasanya.

Sembelit dan kentut? Apa artinya

Perut kembung yang sering juga disebabkan oleh sembelit, suatu kondisi di mana seseorang mengalami buang air besar yang tidak nyaman atau jarang.

Ketika seseorang mengalami konstipasi, limbah yang idealnya harus dikeluarkan akan berada dalam jangka waktu yang lebih lama di usus besar, menyebabkan kelebihan gas menumpuk.

Hal ini menyebabkan sering kentut. Para ahli merekomendasikan makan makanan kaya serat, air minum dan bergerak untuk meningkatkan pencernaan.

Kentut dengan kembung dan sakit perut

Jika mengalami kembung dan sakit perut terus-menerus disertai dengan kentut, maka itu bisa menjadi tanda intoleransi makanan.

Kembung biasanya merupakan gejala khas dari intoleransi makanan atau alergi. Ini dapat menyebabkan produksi gas yang berlebihan dan akumulasi gas di saluran pencernaan, yang menyebabkan sering kentut dan kram perut.

Kentut haid

Selama menstruasi, kadar hormon dapat berfluktuasi secara dramatis, menyebabkan beberapa masalah pencernaan.

Tingginya kadar estrogen dalam tubuh sering dapat menyebabkan gas dan sembelit. Ini dapat mendorong Rahim untuk menghasilkan bahan kimia seperti hormon yang disebut prostaglandin, yang membantu meluruhkan lapisan rahim.

Tetapi ketika kelebihan prostaglandin memasuki aliran darah, itu bisa membuat otot-otot lain di tubuh berkontraksi, termasuk usus. Oleh karena itu menyebabkan perut kembung dan kebiasaan buang air besar tidak teratur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini