Robin Williams

MATA INDONESIA, JAKARTA – Aktor dan komedian terkenal Hollywood, Robin Williams, lahir di Chicago, Illinois, 21 Juli 1951. Aktor peraih Oscar ini telah membintangi banyak film baik layar kaca maupun layar lebar sejak 1970-an.

Robin adalah seorang aktor dan komedian yang mengawali karier aktingnya dengan berperan sebagai Mork dalam Mork & Mindy (1978–1982). Ia telah dinominasikan dalam tiga ajang Academy Awards dan meraih piala Oscar untuk kategori Best Supporting Actor dalam Good Will Hunting (1997).

Robin dikabarkan meninggal di Paradise Cay, California, 11 Agustus 2014. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di usia 63 tahun dengan dugaan bunuh diri.

Hingga kematiannya, Williams totalnya sudah ikut serta berakting di 102 judul film dan serial televisi mengutip profilnya di laman imdb. Williams banyak berakting di film-film layar lebar yang kini layak disebut klasik.

Berikut 6 film terbaik Robin Williams menurut Minews.id:

1. Dead Poets Society (1989)

Di Dead Poets Society, Williams memerankan profesor pengajar sastra di sekolah elit berasrama. Di sana, ia menularkan kecintaan terhadap puisi pada murid-muridnya serta mempraktekkan cara mengajar yang unik (naik ke atas meja, merobek buku teks). Di film ini, Williams harus berbagi layar dengan aktor-aktor muda lain yang juga berakting bagus, namun ia membuktikan tak kalah bersinar.

2. Awakenings (1990)

Awakenings adalah sebuah film drama yang berdasarkan pada memoir dengan judul yang sama yang dibuat pada tahun 1973 oleh Oliver Sacks. Film tersebut mengisahkan kisah nyata ahli neurologi Inggris Oliver Sacks, yang difiksionalisasikan sebagai Malcolm Sayer (Robin Williams), yang pada tahun 1969 menemukan manfaat dari obat L-Dopa. Williams berperan sebagai neurolog yang membantu pasien-pasien gangguan syaraf.

3. Aladdin (1992)

Robin Williams hanya berperan sebagai pengisi suara jin. Aladdin adalah contoh terbaik dalam film Robin Williams, peran Jin dalam Aladdin memberi kebebasan kepada Williams untuk pergi ke mana pun imajinasi membawanya dan pergi ke sana.

4. Mrs. Doubtfire (1993)

Di film arahan Chris Colombus ini, Williams menjadi seorang ayah yang rindu untuk bersatu dengan anaknya. Caranya dengan mengubah wajah serta dandanannya jadi perempuan tua dengan menyamar sebagai Nyonya Doubtfire sang pengasuh. Williams menyaru sebagai pembantu rumah tangga Euphegenia Doubtfire demi dekat dengan anak-anaknya.

5. Jumanji (1995)

https://www.youtube.com/watch?v=yLyXEQPuLJo

Robin Williams dalam film Jumanji sebagai seorang pria yang bertarung melawan tanaman merambat pemakan manusia dan badak-badak untuk melarikan diri dari permainan papan sihir. Dalam film arahan Joe Johnston ini, Williams berperan sebagai Alan Parish, seorang anak yang tersedot ke dalam permainan papan Jumanji dan muncul kembali 26 tahun kemudian sebagai seorang dewasa.

Meskipun tidak sukses secara kritis, Williams menerima ulasan yang baik, dan secara anekdot, film ini menjadi favorit di antara penonton keluarga.

6. Good Will Hunting (1997)

Dalam Good Will Hunting, Williams berperan sebagai seorang profesor psikologi yang diminta jadi psikolog bagi seorang matematikawan jenius perguruan tinggi MIT yang diperankan Matt Damon. Sebagai terapis yang membantu Will Hunting (Matt Damon) untuk mengatasi masa lalunya yang bermasalah, Williams memberikan dorongan dalam hidupnya.

Akting Williams benar-benar bersinar di film ini. Ia meraih Oscar untuk Pemeran Pendukung Pria dalam film yang juga dibintangi Ben Affleck dan Matt Damon serta mencapai box office dengan pendapatan dari seluruh dunia 225,9 juta dolar AS.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here