6 Cara Mencegah Kanker Payudara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAKanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita. Bahkan, penyakit ini juga termasuk penyebab kematian utama wanita.

Di Indonesia, diperkirakan terdapat sekitar 350.000 wanita dengan kanker payudara. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan.

Jenis kanker ini adalah salah satu kanker yang dapat diturunkan secara genetik, jadi apabila keluargamu memiliki riwayat penyakit kanker, kamu harus waspada.

Meskipun keluargamu tidak memiliki riwayat kanker, kamu harus tetap waspada. Namun jangan terlalu khawatir, ada banyak cara mencegah kanker payudara yang dapat diusahakan sendiri.

Berikut 6 cara mencegah kanker payudara yang perlu diketahui

1. Atur pola makan dengan tepat

Kamu dapat terhindar dari kanker payudara dengan mengatur pola makan dengan tepat. Makan makanan yang bergizi dan seimbang. Peneliti Harvard menemukan bahwa wanita yang memiliki karotenoid tinggi dalam darah mereka (termasuk lycopene dan beta-karoten) memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang memiliki kadar terendah. Maka perbanyaklah konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian, serta batasi konsumsi olahan daging dan minuman beralkohol.

2. Membatasi terapi hormon

Cara mencegah kanker payudara selanjutnya adalah membatasi terapi hormon. Terapi hormon biasa dilakukan oleh wanita terkait dengan masa menopause. Terapi menggunakan hormon estrogen dan progesteron ini biasanya bersifat jangka panjang. Karena itulah, terapi ini berisiko meningkatkan kanker payudara. Apabila kamu benar-benar membutuhkan terapi hormon, konsultasikan kepada dokter agar kadar hormon tersebut dapat dikurangi.

3. Membatasi minuman beralkohol

Cara mencegah kanker payudara lainnya adalah membatasi minuman beralkohol. Mengonsumsi minuman beralkohol satu gelas tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 7-12 persen. Potensi terkena kanker payudara akan lebih tinggi jika biasa minum minuman beralkohol lebih dari segelas per hari.

Hal ini dapat terjadi karena ada kaitan antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah. Karena itu, mengurangi konsumsi alkohol juga merupakan salah satu cara mencegah kanker payudara. Bahkan jika memungkinkan, disarankan untuk menghentikannya sama sekali.

4. Kontrol berat badan

Kamu harus memperhatikan berat badan. Bila kamu adalah golongan orang-orang obesitas segeralah berolaraga. Karena, kegemukan dapat meningkatkan resiko terkena kanker panyudara.

Hal ini wajib dilakukan untuk kamu yang sudah menopause. Alasannya, hormon estrogen yang diproduksi tubuh kamu berasal dari lemak. Saat tubuh mempunyai terlalu banyak lemak maka rentan terkena kanker payudara.

Selain itu, perempuan yang menjelang dewasa juga harus menjaga berat badan. Karena, tubuh mereka cenderung memiliki kadar insulin yang tinggi daripada hormon lainnya. Asal tahu saja, tingkat kadar insulin dalam tubuh berhubungan dengan risiko kanker, termasuk kanker payudara.

Bila kamu sudah memiliki berat badan yang ideal atau sehat, maka pertahankanlah. Saat kamu mendapati berat badan naik, sebaiknya segera diet.

5. Olahraga teratur

Kamu wajib berolahraga secara teratur. Banyak penelitian yang menujukkan bahwa olahraga merupakan kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan payudara.

American Cancer Society menyarankan kamu dapat berolahraga minimal 75-150 menit dalam seminggu. Dalam tempo waktu tersebut kamu dapat melakukan olahraga sedang atau tinggi. Contohnya, kamu bisa melakukan olahraga jalan cepat.

Perlu diperhatikan, sebaiknya kamu tidak berolahraga berlebihan agar tubuh selalu dalam keadaan sehat dan prima.

6. Menyusui bayi secara teratur

Menyusui bayi dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara hingga 22 persen. Sejauh ini belum diketahui pasti mengapa menyusui dapat mencegah kanker payudara. Namun, diduga menyusui dapat membantu keseimbangan hormon, mencegah paparan zat pemicu kanker, dan menghindari kerusakan sel payudara.

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini