6 Bahaya Mengintai Jika Kamu Langsung Tidur Usai Makan!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Terserang rasa kantuk usai makan memang sering kali terjadi. Tak jarang banyak orang yang memilih langsung mengistirahatkan tubuhnya saat kantuk tersebut menyerang. Padahal, langsung tidur usai makan dapat menimbukan berbagai dampak buruk untuk kesehatan.

Dilansir dari kanal youtube dr. Saddam Ismail, ia menuturkan bahwa rasa kantuk usai makan tersebut merupakan pengaruh dari hormon dan juga kebiasaan sehari-hari. Ia menyebutkan ada 6 bahaya mengintai jika hal ini terus dilakukan. Adapun beberapa bahayanya sebagai berikut:

1. Heart Burn

Heart burn atau rasa panas di dada akan kamu rasakan jika kamu memutuskan langsung tidur usai makan. Sensasi rasa panas di dada hingga sampai ke tenggorakan ini disebabkan oleh lemahnya lingkar lambung bagian atas. Dalam istilah medis, kelainan ini disebut juga sebagai Gastro Esofageal Reflux Disease (GERD).

Jika keadaan ini berlangsung lama, maka dapat menyebabkan kerusakan mukosa esofagus dan bisa memicu timbulnya kanker di esofagus. Apabila di mukosa tenggorokan makan akan mengiritasi mukosa tenggorokan dengan timbulnya rasa perih di tenggorokan.

2. Gangguan Lambung

Pengosongan lambung umumnya terjadi dalam kurun waktu 2 – 4 jam. Saat memutuskan untuk tidur, dalam keadaan lambung yang penuh maka akan menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati karena terganggunya proses pengosongan lambung. Pasalnya, saat kita tertidur, posisi lambung akan melawan gravitasi, sehingga dapat menyebabkan sakit ulu hati.

3. Kenaikan Berat Badan

Usai makan seharusnya kita melakukan berbagai macam aktivitas ringan yang dapat membakar kalori yang masuk. Namun saat kamu memutuskan untuk langsung tidur usai makan maka kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh dan hal inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Penyakit Metabolik (Stroke dan Penyakit Jantung)

Tubuh akan mengalami penumpukan lemak saat kita tidur ketika usai makan. Apabila penumpukan lemak tersebut terjadi pada organ atau pembuluh darah, maka dapat mengganggu fungsi organ. Penyakit metabolic seperti stroke dan jatung ini rentan sekali untuk terjadi ketika terjadinya penumpukan lemak pada organ tersebut.

5. Timbulnya Penyakit Diabetes Melitus

Saat makan insulin pada tubuh akan keluar agar dapat menurunkan kadar gula darah. Lalu apabila kita makan dan langsung tidur, maka kadar gula darah akan terganggu. Sehingga hal ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes mellitus jika berlangsung secara lama.

6. Memperberat Sistem Pencernaan

Pengosongan lambung terjadi 2 – 4 jam, saat kita makan langsung memutuskan untuk tidur maka lambung akan bekerja lebih lama yaitu 6 jam. Usahakanlah untuk makan pada waktu 2 jam sebelum tidur.

Selain itu,saat malam hari makanlah makanan yang rendah karbohidrat dan lemak. Hal ini untuk mempercepat proses pengolahan pada lambung.

Itu dia beberapa bahaya yang akan ditimbulkan jika kamu langsung tidur setelah makan. Permasalahan ini memang terkesan sederhana ya, namun siapa sangka ternyata ada bahaya besar yang mengintai kesehatanmu. Maka dari itu, lebih perhatikan kesehatan agar hidup tetap selalu sehat!

Penulis: Rini Apriliani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini