6 Artis Kontroversial Hebohkan Industri K-Pop

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada beberapa skandal yang kemudian menjadi kontroversial dalam industri musik K-Pop. Tak sedikit dari seleb harus merasakan pedasnya nyinyiran netizen Korea.

Berikut 6 artis K-pop yang dikelilingi oleh kontroversi yang mendapat beragam respon negatif dari netizen:

1. EXP EDITION

EXP EDITION memulai debutnya pada tahun 2017 sebagai band K-pop non-Korea pertama. Grup ini dibentuk melalui mahasiswa master Universitas Columbia Bora Kim untuk proyek tesisnya.

Para anggotanya dilatih di New York dan tampil di Amerika selama beberapa waktu sebelum pindah ke Korea Selatan untuk melanjutkan karir mereka. Netizen pun meragukan kemampuan mereka.

Ada beberapa alasan yang ramai dibicarakan netizen. Di antaranya, mereka hanya menjalani beberapa bulan pelatihan sebelum debut, awalnya tidak berbicara bahasa Korea, tidak keturunan Korea, dan tidak memiliki nilai produksi tertinggi untuk mereka baik lagu atau video.

Apakah Kamu menyukai atau membenci mereka, EXP EDITION telah menetapkan apa yang diinginkan Bora Kim, yaitu menguji batas K-pop.

2. Harisu

Harisu mulai berakting pada tahun 1991 dan memulai karir menyanyinya pada tahun 2001. Meskipun tidak ada yang tampak kontroversial pada pandangan pertama, Harisu sebenarnya adalah penghibur transgender pertama di Korea Selatan.

Dia ditetapkan sebagai laki-laki saat lahir tetapi tahu sejak usia dini bahwa dia ditakdirkan untuk menjadi perempuan. Pada tahun 2002, dia orang kedua di Korea Selatan yang secara hukum mengubah jenis kelamin mereka.

Harisu mendapatkan banyak perhatian positif untuk kecantikan dan bakatnya, tetapi sayangnya juga mendapat kritik dan penilaian yang keras. Bahkan di tahun 2008, dia masih merasakan diskriminasi terhadapnya.

Dia mengatakan orang-orang akan tersenyum padanya dan kemudian memarahinya di belakang. Meskipun dia tidak menerima semua perhatian positif, karirnya masih merupakan langkah maju yang besar bagi Korea Selatan.

3. Honey Popcorn

Honey Popcorn memulai debutnya sebagai grup wanita beranggotakan 3 orang pada tahun 2018 dengan lagu manis ‘Bibidi Babidi Boo’ dan kemudian menjadi grup beranggotakan 5 orang pada tahun 2019. Gadis-gadis tersebut sebelumnya adalah anggota grup J-pop dan dipromosikan dengan konsep yang ceria dan lugu.

Namun, perasaan negatif tersebut bermula ketika netizen menyadari bahwa ketiga anggotanya juga merupakan bintang video dewasa di Jepang. Karena konten dewasa benar-benar ilegal di Korea Selatan, banyak orang yang menentang dengan pilihan karir gadis-gadis itu.

Bahkan, publik Korea menandatangani petisi di situs web kepresidenan negara tersebut untuk melarang gadis-gadis itu. Untungnya gadis-gadis itu menerima dukungan dari penggemar yang mengagumi mereka karena mengikuti impian mereka, terutama karena Yua mendanai grup itu sendiri.

4. KAACHI

KAACHI memulai debutnya pada tahun 2020 setelah dibentuk dan dilatih di UK. Grup ini menghadapi kritik yang mirip dengan EXP EDITION, karena hanya 1 anggota yang merupakan keturunan Korea dan periode pelatihan mereka sangat minim.

Video musik debut mereka untuk lagu ‘Your Turn’ dikritik karena nilai produksi yang rendah, keterampilan menyanyi dan menari yang buruk, serta kemiripan yang dekat dengan lagu K-pop lainnya.

Anggota grup Korea Miso keluar pada Maret 2020 dan digantikan oleh Coco, yang masih bersama grup. Anggota lainnya adalah keturunan Spanyol, Irlandia, dan Filippina.

KAACHI terus merilis musik dan Netizen dapat melihat bahwa mereka meningkat dengan setiap comeback, membantu mereka mendapatkan basis penggemar.

5. Lady

Girl grup Lady memulai debutnya pada tahun 2005 dengan album self-titled. Gadis-gadis itu semuanya sangat berbakat, karena mereka dipilih dari ratusan calon yang mengikuti audisi.

Sayangnya mereka mendapat respon yang negatif dari publik. Pasalnya, keempat anggotanya adalah transgender, ditetapkan sebagai laki-laki saat lahir dan kemudian beralih menjadi perempuan.

Mereka kemudian tidak bisa mendapatkan basis penggemar yang besar dan mendapat kritik keras, hanya memperburuk dengan kemudian merilis album foto dengan foto-foto telanjang para anggota. Grup tersebut dibubarkan tidak lama setelah tahun 2007 tetapi masih menjadi tanda peningkatan kesetaraan di Korea Selatan.

6. Naked Girls

Naked Girls menjadi grup yang paling kontroversial. Grup ini dimulai sebagai versi Korea dari acara berbasis langganan ‘Naked News’. Acara tersebut menampilkan pembawa berita wanita yang melepas pakaian mereka sambil melaporkan kejadian terkini.

Versi Korea dari acara tersebut berujung penipuan. Gadis-gadis itu pergi bekerja suatu hari, namun mereka menemukan kantor itu benar-benar kosong dan CEO tidak dapat ditemukan.

Meskipun sangat kesal, 3 gadis melanjutkan jalur hiburan mereka dan membentuk girl group bernama ‘Naked Girl. Seperti namanya, gadis-gadis itu dikenal karena kontennya yang provokatif.

Stasiun penyiaran menolak untuk bekerja dengan grup tersebut dan mereka akhirnya mengadakan showcase debut mereka di klub malam. Namun, showcase mereka membuat marah dan mengejutkan penonton karena konsepnya yang ekstrim. Mereka pun bubar segera setelah itu.

Bagaimana perasaan Anda tentang kelompok ini?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini