5 Tips Jitu Pulihkan Kondisi Keuangan Usai Lebaran

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Uang sudah habis untuk pengeluaran Lebaran, tapi gajian masih lama? Di tambah lagi tak ada tabungan tersisa?

Duh! Situasi terdesak semacam ini seringkali dialami pasca Lebaran. Namun jangan khawatir, ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa tips jitu yang bisa kamu praktikkan gaes untuk memulihkan kondisi keuangan usai Lebaran.

Hitung pendapatan yang tersisa

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek jumlah pendapatan yang tersisa. Kalkulasikan jumlah saldo rekening yang masih tersisa serta dana simpanan yang masih ada di rumah. Tapi ingat, untuk dana tabungan investasi jangan diganggu gugat ya gaes!

Buat rencana pengeluaran bulan ini

Setelah tahu jumlah uang yang tersisa, buatlah rencana pengeluaran bulan ini hingga tanggal gajian tiba. Buat daftar pengeluaran rutin seperti belanja harian, bayar listrik, beli pulsa, dan sebagainya. Jika uang yang tersisa tak cukup untuk menutupi semua pengeluaran itu, maka gunakan dana darurat yang kamu punya.

Waktunya menghemat

Jangan buru-buru memutuskan untuk berutang. Jika uang yang tersisa tak cukup, maka cobalah untuk menghemat pengeluaran selama 1 bulan. Pangkas biaya pengeluaran yang kira-kira tidak terlalu krusial. Coba untuk menekan pengeluaran dengan cara mengurangi jajan di luar.

Jangan utak-atik dana darurat

Sesulit apapun kondisi keuanganmu pasca Lebaran, usahakan jangan mengutak-atik dana simpanan darurat. Sebab dana ini untuk mengantisipasi hal tak terduga yang terjadi mendadak di kemudian hari.

Menabung lagi dari awal

Usai mengeluarkan banyak uang saat Lebaran, waktunya berkomitmen kembali untuk menabung dari awal. Jangan sampai momen Lebaran justru merusak rencana keuangan jangka panjang kamu.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini