5 Tips Bertahan Hidup Saat Pesawat Alami Kecelakaan

Baca Juga

Minews.id, Jakarta – Kabar jatuhnya pesawat Ethiopia Airlines di Addis Ababa pada Minggu, 10 Maret 2019 cukup mengejutkan publik internasional. Pasalnya, jatuhnya pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 itu menyebabkan meninggalnya seluruh penumpang dan awak kabin.

Bicara soal kecelakaan pesawat, berikut ini ada beberapa tips yang penting untuk diketahui. Dilansir dari The Sun, jika beberapa hal ini dilakukan mungkin bisa mengurangi risiko kehilangan nyawa saat pesawat yang kita tumpangi mengalami kecelakaan.

Keluarkan Segala Benda Tajam dari Saku

Jika kamu menyimpan benda tajam atau runcing di saku, maka harus dikeluarkan. Jangan lupa juga lepaskan dasi, syal, sepatu hak tinggi atau apapun yang akan menghambat mobilitasmu saat proses evakuasi.

Lepas Kacatama uang Digunakan

Jika kamu menggunakan kacamata, itu juga harus dilepaskan demi menghindari benda tersebut terlempar ketika pesawat mendarat darurat. Kamu bisa menggunakannya lagi saat proses mencari jalan keluar pesawat.

Caritahu Posisi Pintu Darurat

Pastikan kamu mengetahui letak pintu keluar darurat. Ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi ketika pintu pesawat tak bisa dibuka setelah mendarat darurat.

Hitung Deret Kursi ke Arah Pintu Keluar

Sepertinya repot, tapi ini penting dilakukan. Kamu perlu menghitung deretan kursi hingga ke pintu keluar. Pastikan juga kamu mengetahui letak handle pintu. Ini akan memudahkan kamu jika pesawat mendarat darurat dan kabin dipenuhi asap.

Tetap Duduk di Kursi Saat Pesawat Mendarat

Jika pesawat tergelincir di landasan pacu tapi tidak sampai menimbulkan kerusakan parah, pastikan kamu tetap berada di kursi hingga pramugrari menginstruksikan untuk berdiri. Jangan membuka pintu atau jendela sampai pramugari meminta. Jika muncul asap, usahakan tetap merunduk serendah mungkin hingga proses evakuasi.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini