Ilustrasi (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kasus bunuh diri seorang selegram baru-baru ini mengagetkan banyak kalangan. Apalagi di masa pandemik seperti sekarang ini. Masalah komunikasi memang menjadi penyebab utama tingginya stress dan depresi.

Setiap orang pasti pernah merasakan hal yang mengganjal di hati. Mereka akan bercerita dengan orang terdekatnya agar merasa lega.

Terkadang pikiran membuat kita bingung untuk mencari sebuah solusi. Emosi yang tidak stabil juga dapat memengaruhi kondisi fisik dan mental.

Terlebih untuk seorang introvert, mereka cenderung menutup dirinya. Tapi sebagian akan bercerita dengan orang yang dianggapnya benar-benar dekat atau sudah mengenalnya lebih dalam.

Seorang introvert sering dianggap tidak mau terbuka dengan orang lain. Padahal ia hanya merasa nyaman mencurahkan isi hati ke orang terdekatnya saja.

Tidak hanya seorang introvert saja, semua orang pasti pernah merasa enggan mencurahkan isi hatinya ke orang lain.

Jika kalian merasa enggan bercerita ke orang terdekat, kalian bisa mencoba beberapa web dan aplikasi untuk mencurahkan hati beserta solusinya.

1. Riliv

Riliv merupakan sebuah aplikasi untuk mencurahkan hati, selain itu aplikasi ini bisa memberikan solusi di setiap masalahmu. Reliever, seorang konselor, akan berusaha membantu memberi jawaban yang logis dan solutif.

2. Sahabatku

Jika ingin merahasiakan identitas, Sahabatku adalah solusinya. Selain bisa mencurahkan hati, di Sahabatku juga memberikan solusi dari psikolog dan konselor lulusan Universitas Indonesia.

Lebih serunya lagi, di aplikasi ini bisa memilih tema masalah yang ingin diceritakan dan akan tersambung otomatis dengan psikolog atau konselor untuk memberikan solusi yang tepat. Bukan hanya itu saja, di aplikasi ini ada fitur artikel motivasi yang bikin kalian tenang dan lega saat membacanya.

3. AhwalNote

Jika ingin menceritakan masalah kalian, aplikasi ini bisa menuntun secara rohani. AhwalNote diketahui akan memberikan masukan atas permasalahan kalian berdasarkan hadist dan Al Quran.

4. Pijarpsikolg.com

Kalian bisa menceritakan masalah kalian di web ini, curhatan kalian akan dijawab oleh konselor dengan sangat teliti dan diberikan tips. Kerahasiaan identitas sangat terjamin, jadi tidak perlu khawatir identitas kalian bocor.

5. Persona

Aplikasi ini bisa menjadi tempat curhat kalian, ada banyak expert (sebutan orang yang akan mendengarkan cerita kalian) yang akan peduli dan bisa memberi masukan soal masalahmu.

Identitasmu aman terjaga kerahasiaannya karena kalian bisa mengatur cerita dengan expert dalam mode private. Dijamin cerita kalian tidak bocor ke publik.

Reporter: Laita Nur Azahra

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here