5 Seafood di Indonesia yang Harganya Cukup Mahal, Ada yang Tembus 30 Juta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seafood di Indonesia tak kalah mahal dari seafood di luar negeri. Harganya saja ada yang fantastis tembus 30 juta.

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki beragam hidangan laut. Hidangan tersebut biasanya dipasarkan dari kota ke kota hingga sampai pada restoran kaki lima.

Pada umumnya, seafood di Indonesia dihargai sesuai dengan kondisi ekonomi masing-masing kota, sehingga mudah dijangkau. Namun, ada beberapa hasil laut yang langka dan menjadi buruan. Oleh karena itu, harga yang ditampilkan juga termasuk harga tinggi.

Berikut beberapa jenis ikan dan seafood di Indonesia yang memiliki harga cukup mahal.

Lobster Mutiara

Di Indonesia, lobster mutiara dibudidaya di Pulau Bawean, Gresik. Daging lobster mutiara dikenal dengan rasanya yang gurih, manis, dan empuk, wajar bila dihargai 1 juta per ekor.

Ikan Kerapu

Ikan ini tak kalah populer dari jenis ikan lain, bagaimana tidak, Provinsi Sumatera Utara mencatat sebagai yang membudidayakan dan sebagai pengekspor ikan kerapu terbanyak. Tak hanya Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Bali juga provinsi yang membudidayakan ika kerapu berkualitas.

Di Sulawesi Selatan memiliki penampungan ikan kerapu berkualitas yang sengaja dibuat untuk dijual dengan harga 2 juta per kilogramnya.

Ikan Sidat

Ikan yang memiliki kesamaan dengan belut ini menjadi salah satu ikan yang punya harga cukup mahal. Harga per kilonya dibanderol 2,5 juta. Ikan ini cukup menarik bila disandingkan dengan negara Jepang, karena ikan ini jadi makanan populer di sana dengan nama Unagi.

Teripang

Meski tidak memiliki mata, hidung, atau pun telinga, teripang tetap dikategorikan sebagai hewan yang tak memiliki tulang belakang.

Teripang sudah mulai ditangkap di Indonesia sejak 1600an, tepatnya di Kepulauan Kei dan Kepulauan Aru. Uniknya, pupolasinya tidak menurun bahkan berlebih karena jenis Teripang di Indonesia ada 50.

Oleh karena itu, Indonesia mendapat gelar pemilik teripang terbesar di dunia. Harga per kilo teripang dibanderol 500 ribu hingga 3 juta rupiah.

Tuna Sirip Kuning

Sejatinya, ikan ini hidup di perairan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia menjadi tempat bertemunya ikan ini dari dua perairan berbeda. Saat ini, ikan tuna sirip kuning dapat ditemui di Laut Banda dan Laut Flores.

Ikan ini dijual per kilo seharga 100 ribu hingga 120 ribu. Namun, jika ingin membeli utuh diperlukan dana sebanyak 30 juta rupiah. Beratnya pun tak main-main, satu ikan tuna sirip kuning berkisar 200-400 kilogram.

Reporter : Rama Kresna Pryawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini